Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia










e-Jurnal JPBSI Universitas Pendidikan Ganesha
Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Volume 3 No 1 Tahun 2015) 
PEMBELAJARAN MENULIS TEKS ANEKDOT PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DALAM KURIKULUM 2013
DI KELAS XI.A AKUNTANSI SMK NEGERI 1 SINGARAJA
HENDRA PAKPAHAN, SHI
Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Fakultas Bahasa dan Seni
Universitas Pendidikan Ganesha
Singaraja, Indonesia



Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan perencanaan guru bahasa Indonesia di kelas X.A Akuntansi SMK Negeri 1 Singaraja terkait dengan pembelajaran menulis teks anekdot, (2) mendes-kripsikan pelaksanaan pembelajaran menulis teks anekdot yang dilakukan oleh guru bahasa Indo-nesia di kelas X.A Akuntansi SMK Negeri 1 Singaraja, (3) mendeskripsikan evaluasi yang dilakukan oleh guru bahasa Indonesia terkait dengan pembelajaran menulis teks anekdot di kelas X.A Akun-tansi SMK Negeri 1 Singaraja, dan (4) mendeskripsikan kendala-kendala yang dihadapi oleh guru dan siswa dalam pembelajaran menulis teks anekdot. Penelitian ini dirancang dalam bentuk peneli-tian deskriptif-kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas X.A Akuntansi SMK Negeri 1 Singaraja. Objek penelitian ini adalah pembelajaran menulis teks anekdot pada mata pelaja-ran bahasa Indonesia dalam kurikulum 2013. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah me-tode dokumentasi, observasi, dan wawancara. Analisis data dalam penelitian ini mencakup empat ta-hap, yaitu: tabulasi data, reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan data. Hasil penelitian ini me-nunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran masih memiliki beberapa kelemahan, seperti: tujuan pembelajaran belum seluruhnya sesuai dengan indikator, materi pelajaran perlu diperinci, metode yang digunakan harus disesuaikan dengan kurikulum 2013, pada bagian pendahuluan guru perlu me-rumuskan kegiatan yang dilakukan oleh peserta didik, pada kegiatan inti guru perlu merumuskan langkah-langkah pembelajaran sesuai dengan tahapan-tahapan pendekatan saintifik, pada kegiatan penutup pembelajaran guru tidak mencantumkan kegiatan pengayaan atau remidi, dan pada rubrik “penilaian hasil” contoh instrumen yang digunakan belum seluruhnya sesuai dengan indikator. Dalam pelaksanaan pembelajaran ada beberapa hal yang kurang sesuai dengan RPP, yaitu rencana kegiat-an pembelajaran tidak dicantumkan di dalam RPP, pada kegiatan inti yang dirancang oleh guru be-lum memuat kegiatan pembelajaran sesuai dengan tahapan pendekatan saintifik, akan tetapi dalam pelaksanaannya guru sudah melakukan kegiatan pembelajaran sesuai dengan pendekatan saintifik. Pada kegiatan penutup, tes lisan yang diberikan oleh guru belum bisa memberikan gambaran yang akurat terhadap kemampuan peserta didik, serta kegiatan pengayaan dan remidi yang diberikan oleh guru tidak dicantumkan di dalam RPP. Pelaksanaan evaluasi yang dilakukan oleh guru juga memiliki kekurangan, antara lain: rubrik penilaian untuk tes lisan dan tulis belum disediakan oleh guru, daftar pertanyaan untuk tes tulis juga belum disediakan.

Kata kunci: pembelajaran menulis, teks anekdot, mata pelajaran bahasa Indonesia, kurikulum 2013


Abstract
This study aimed at (1) describing Indonesian teacher planning in class X.A Accounting at SMK Ne-geri 1 Singaraja in writing anecdote text, (2) describing the implementation of writing anecdotes text conducted by Indonesian teacher in class X.A Accounting at SMK Negeri 1 Singaraja, (3) describing the evaluation conducted by the Indonesian teacher in writing anecdotes in class X.A Acounting at Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Volume 3 No 1 Tahun 2015).
SMK Negeri 1 Singaraja, (4) describing the problems faced by teacher and students in writing anec-dote text. This study was descriptive qualitative research. The subject in this study were teacher and students in class X.A Acounting at SMK Negeri 1 Singaraja. The object in this study was writing anec-dotes text on Indonesian subjects in the curriculum 2013. Data collection methods used was docu-mentation, observation, and interviews. Analysis of the data in this study includes four stages, name-ly: tabulation of data, data reduction, data presentation, and data conclusion. The results of this study indicate that the learning plan still has some weaknesses, such as: learning objectives are not entirely in accordance with the indicators, the subject matter needs to be specified, the method used should be adjusted to curriculum in 2013. In pre-activity, the teacher needs to formulate the activity under-taken by learners. In the core activity, teacher needs to formulate learning steps based scientific app-roach. In the post-activity, the teacher didn’t provide remedial activity. In the rubric of assessment, the example of instruments that are used are not entirely in accordance with the indicators. In the imple-mentation of learning there were several things wich were not appropriate with the lesson plan such as, there was no learning activity stated in the lesson plan, In core activity, there was no learning acti-vity based on scientific approach, however in the aplication learning activity based on scientific app-roach was done by the teacher itself. In post activity, the oral test given by the teacher couldn’t pro-vide an accurate picture of students’ abilities, and remedial activities assigned by the teacher were not included in the lesson plan. The implementation of the evaluation conducted by the teacher also had weaknesses, such as: the teacher didn’t provide an assessment rubric for oral and written test, and a list of questions for written tests.

Key words: writing, anecdote text, Indonesian subject, curriculum 2013

PENDAHULUAN
Kurikulum memiliki peran yang sa-ngat penting dalam dunia pendidikan. Ku-rikulum menjadi penentu dalam pencapai-an tujuan pendidikan. Dikatakan demikian, karena kurikulum merupakan suatu renca-na yang memberi pedoman atau pega-ngan dalam proses kegiatan belajar-me-ngajar. Sehubungan dengan hal tersebut, Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional me-nyebutkan bahwa kurikulum adalah sepe-rangkat rencana dan pengaturan menge-nai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan terten-tu. Tanpa adanya suatu kurikulum, kegia-tan belajar-mengajar tersebut tidak dapat berjalan dengan lancar. Oleh karena itu, kurikulum sangat menentukan pelaksana-an pembelajaran dan hasil pendidikan. Selain itu, tercapai atau tidaknya tujuan pendidikan sangat ditentukan oleh proses pembelajaran yang melibatkan perenca-naan pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran, serta penilaian atau eva-luasi proses pembelajaran. Hal itu tercer-min pada kutipan Bab I dalam Per-mendikbud No. 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.

Pendidikan di Indonesia telah me-ngalami beberapa perubahan kurikulum. Mulai dari Kurikulum 1947, kemudian di-sempurnakan menjadi Kurikulum 1952, setelah itu Kurikulum 1975, berlanjut pada Kurikulum 2004, sampai Kurikulum 2006. Di tahun 2013 pun perubahan kurikulum kembali terjadi untuk jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK. Kurikulum yang diterap-kan saat ini adalah Kurikulum 2013.

Kurikulum 2013 merupakan prog-ram menteri pendidikan yang berdasarkan kajian untuk penyempurnaan kurikulum 2006. Widyastono (2014:119) menyatakan bahwa Kurikulum 2013 menekankan pada pengembangan kompetensi pengetahuan, keterampilan, dan sikap peserta didik se-cara holistik atau seimbang. Pada tahun 2013 lalu, penerapan kurikulum ini tidak bisa dilaksanakan serentak pada semua sekolah yang ada di Indonesia, maka dari itu ditunjuklah beberapa sekolah di Indo-nesia berdasarkan usulan dari pemerintah provinsi guna menjadi pilot projek. Di Kota Singaraja, ada tiga SMK Negeri yang di-tunjuk untuk menerapkan Kurikulum 2013, yaitu SMK Negeri 1 Singaraja, SMK Negri Sebagai bagian dari Kurikulum 20-13, pembelajaran bahasa Indonesia me-nekankan pada pentingnya keseimbangan kompetensi sikap, pengetahuan, dan kete-rampilan. Kemampuan berbahasa yang dituntut tersebut dibentuk melalui pembe-lajaran berkelanjutan, dimulai dari pening-katan pengetahuan tentang jenis, kaidah, dan konteks suatu teks, dilanjutkan de-ngan keterampilan menyajikan suatu teks tulis dan lisan, baik secara terencana maupun spontan. Pembelajaran bahasa Indonesia terus mengalami perubahan-pe-rubahan. Pendekatan pun terus berkem-bang. Pragmatik mendapat perhatian, ma-ka pendekatan pragmatik digunakan da-lam pembelajaran. Pendekatan komuni-katif muncul, maka pendekatan komuni-katif digunakan pula dalam pembelajaran. Sekarang, Kurikulum 2013, pendekatan yang digunakan adalah sistemik fungsio-nal. Secara umum, Kurikulum 2013 meng-gunakan pendekatan ilmiah (saintifik). Berbeda dengan KTSP, dalam KTSP pen-dekatan yang digunakan adalah pendeka-tan komunikatif. Peserta didik diharapkan mampu berkomunikasi dengan menggu-nakan bahasa Indonesia, sedangkan kon-teks sosial budaya belum mendapatkan perhatian. Dengan penerapan Kurikulum 2013 ini, peserta didik diharapkan tidak hanya mampu berkomunikasi, tetapi juga mampu memahami makna atau fungsi-fungsi berbahasa dan kebahasaan.

Dengan hadirnya pendekatan ini-lah, maka pembelajaran bahasa Indonesia mengalami perkembangan dan peruba-han. Pembelajaran bahasa Indonesia, khususnya pada jenjang SMA/SMK se-patutnya diarahkan untuk menerapkan pembelajaran bahasa Indonesia berbasis teks. Pembelajaran bahasa Indonesia ber-basis teks menjadi sangat penting untuk diterapkan di sekolah-sekolah karena pembelajaran bahasa Indonesia berbasis teks berdasarkan atas empat prinsip yang mungkin sering terabaikan. Prinsip-prinsip itu meliputi (1) bahasa hendaknya dipan-dang sebagai teks, bukan semata-mata kumpulan kata atau kaidah kebahasaan, (2) penggunaan bahasa merupakan pro-ses pemilihan bentuk-bentuk kebahasaan untuk mengungkapkan makna, (3) bahasa bersifat fungsional, yaitu penggunaan ba-hasa yang tidak pernah dapat dilepaskan dari konteks karena bentuk bahasa yang digunakan itu mencerminkan ide, sikap, nilai, dan ideologi penggunanya, dan (4) bahasa merupakan sarana pembentukan kemampuan berpikir manusia (Kemen-dikbud, 2013: v).

Sehubungan dengan prinsip-prin-sip di atas, perlu disadari bahwa setiap teks memiliki struktur tersendiri yang satu sama lain berbeda. Sementara itu, struktur teks merupakan cerminan struktur berpi-kir. Dengan demikian, makin banyak jenis teks yang dikuasai oleh siswa, makin ba-nyak pula struktur berpikir yang dapat di-gunakannya dalam kehidupan sosial dan akademiknya. Hanya dengan cara itu, sis-wa kemudian dapat mengonstruksi ilmu pengetahuannya melalui kemampuan me-ngobservasi, mempertanyakan, mengaso-siasikan, menganalisis, dan menyajikan hasil analisis secara memadai. Hal terse-but, senada dengan apa yang diamatkan dalam Kurikulum 2013, khususnya pada pembelajaran bahasa Indonesia. Hal ini dapat diketahui berdasarkan Kompetensi Dasar (KD) yang tertuang dalam silabus ditingkat Sekolah Menengah Atas (SMA)/ SMK/sederajat, khususnya di kelas X, yang berbunyi “Mensyukuri anugerah Tu-han akan keberadaan bahasa Indonesia dan menggunakannya sebagai sarana ko-munikasi dalam mengolah, menalar, dan menyajikan informasi lisan dan tulis mela-lui teks anekdot, eksposisi, laporan hasil observasi, prosedur kompleks, dan nego-siasi”. Dari ungkapan tersebut, jelas dinya-takan bahwa dalam pembelajaran bahasa Indonesia, peserta didik diharapkan mam-pu menggunakan bahasa Indonesia seba-gai sarana komunikasi dalam mengolah, menalar, dan menyajikan informasi secara lisan maupun tulisan melalui berbagai teks, salah satunya adalah teks anekdot.

Secara garis besar teks dapat di-pilah atas teks sastra dan nonsastra. Teks sastra dikelompokkan ke dalam teks naratif dan nonnaratif. Adapun teks non-sastra dikelompokkan ke dalam teks jenis faktual yang di dalamnya terdapat subke-lompok teks laporan dan prosedural, serta teks tanggapan yang dikelompokkan ke dalam subkelompok teks transaksional dan ekspositori. Mengingat banyaknya teks yang dipelajari di sekolah, khususnya pada jenjang SMA/SMK kelas X, sehingga penting bagi guru bahasa Indonesia untuk terus belajar seiring dengan perkembang-an teori pembelajaran bahasa. Kurikulum 2013 menekankan pada keberagaman teks. Teks-teks tersebut selama ini jarang diajarkan dalam pembelajaran bahasa In-donesia, seperti teks anekdot.

Dengan adanya keberagaman teks inilah, sehingga pemahaman tentang teks diperlukan oleh guru, karena selama ini pembelajaran di kelas hanya menekankan pada paragraf, sedangkan jenis-jenis teks belum diperkenalkan secara mendalam kepada peserta didik. Pada pembelajaran bahasa Indonesia, Kurikulum 2013 mem-berikan penegasan mengenai teks-teks yang digunakan dalam kehidupan nyata. Peserta didik diperkenalkan secara lang-sung dengan teks anekdot, di samping memuat perbandingan antarteks dan struktur teks.

Hasil wawancara yang peneliti la-kukan dengan guru bahasa Indonesia yang mengajar di kelas X.A Akuntansi SMK Negeri 1 Singaraja menunjukkan bahwa ada perbedaan antara pembe-lajaran bahasa Indonesia dalam KTSP dan Kurikulum 2013. Perbedaan tersebut tampak jelas pada materi yang diajarkan. Dalam kurikulum KTSP, peserta didik hanya diperkenalkan dengan jenis-jenis paragraf, seperti paragraf deskriptif, naratif, eksposisi, persuasi, dan argumen-tasi. Sementara itu, dalam Kurikulum 2013 pembelajaran bahasa Indonesia lebih dite-kankan pada keberagaman teks, salah satu materi menulis yang diajarkan dalam Kurikulum 2013 adalah teks anekdot. Dari perbedaan tersebut, guru menyadari bah-wa untuk membelajarkan materi tentang teks anekdot, guru perlu menerapkan me-tode pembelajaran yang inovatif agar sis-wa mampu memahami pembelajaran yang diajarkan.

Selain melakukan wawancara de-ngan guru, peneliti juga melakukan wa-wancara dengan beberapa siswa di SMK Negeri 1 Singaraja. Berdasarkan hasil wa-wancara peneliti dengan siswa, dapat di-peroleh informasi bahwa siswa merasa senang mengikuti pembelajaran menulis, khususnya pada materi teks anekdot. Hal ini dikarenakan guru mampu menjelaskan dengan cara-cara yang inovatif, namun betapa pun inovatifnya cara guru dalam menjelaskan materi mengenai teks anek-dot kepada siswa, tentu saja ada kendala-kendala yang dihadapi dalam pembelaja-ran menulis teks anekdot. Meskipun pe-serta didik sudah mendapatkan pembe-lajaran berbasis teks dan pendekatan ilmiah, namun peserta didik juga menda-patkan kendala terutama di dalam mema-hami teks anekdot karena pada pembe-lajaran sebelumnya siswa belum diperke-nalkan dengan teks anekdot.

Teks anekdot adalah cerita singkat yang menarik karena lucu dan menge-sankan, biasanya mengenai orang penting atau terkenal dan berdasarkan kejadian sebenarnya. Teks anekdot adalah sebuah teks yang berisi pengalaman seseorang yang tidak biasa. Pengalaman yang tidak biasa tersebut disampaikan kepada orang lain dengan tujuan untuk menghibur pem-baca. Ada pengertian lain, bahwa teks anekdot merupakan cerita rekaan yang tidak harus didasarkan pada kenyataan yang terjadi pada masyarakat, yang men-jadi partisipan atau pelaku di dalamnya pun tidak harus orang penting. Teks anek-dot memiliki struktur abstraksi, orientasi, krisis, reaksi, dan koda. (Kemendikbud, 2013:111). Penelitian tentang pembela-jaran menulis teks anekdot dianggap penting untuk diteliti mengingat bahwa teks anekdot merupakan materi yang baru dan belum pernah diajarkan sebelumnya.

Bertolak dari hal-hal penting yang telah dipaparkan di atas, peneliti pun ter-tarik untuk mengangkat judul penelitian “Pembelajaran Menulis Teks Anekdot pa-da Mata Pelajaran Bahasa Indonesia da-lam Kurikulum 2013 di Kelas X.A Akun-tansi SMK Negeri 1 Singaraja”. Peneliti melakukan penelitian di SMK Negeri 1 Si-ngaraja didasarkan atas pertimbangan bahwa SMK Negeri 1 Singaraja meru-pakan salah satu sekolah yang difavo-ritkan di kota Singaraja dan mendapatkan peringkat akreditasi A oleh Badan Akre-ditasi Provinsi Sekolah/Madrasah Provinsi Bali, sehingga sebagai sekolah favorit, SMK Negeri 1 Singaraja ditunjuk untuk menjadi pilot projek dalam menerapkan Kurikulum 2013 sejak semester ganjil tahun ajaran 2013/2014. Peneliti berasum-si bahwa sebagai sekolah favorit, tenaga pengajar yang bertugas di sekolah terse-but tentunya adalah tenaga pengajar yang berkompeten.

Sepengetahuan penulis, terdapat beberapa penelitian sejenis yang pernah dilakukan oleh peneliti lain sehubungan dengan penelitian yang peneliti kaji. Pe-nelitian tersebut berjudul “Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks di Kelas X SMA Negeri 1 Singaraja”. Penelitian yang pernah dilakukan oleh Putu Suryani (2014) tersebut, dirancang dalam bentuk penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian sejenis juga pernah dilakukan oleh Ni Komang Ayu Damayanti (2014) dengan judul penelitian “Pembelajaran Menulis Teks Anekdot Berpendekatan Saintifik dengan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Pada Siswa Kelas X Tata Kecantikan Kulit 1 Di SMK Negeri 2 Singaraja”. Penelitian tersebut menggunakan rancangan peneli-tian deskriptif kualitatif. Dengan mengacu pada paparan di atas, dapat dikatakan bahwa penelitian ini sangat menarik untuk dikaji dan sudah memenuhi unsur keba-ruan.

Berdasarkan hal yang telah disam-paikan sebelumnya, penelitian ini bertuju-an untuk mendeskripsikan: (1) perenca-naan guru bahasa Indonesia di kelas X.A Akuntansi SMK Negeri 1 Singaraja terkait dengan pembelajaran menulis teks anek-dot, (2) pelaksanaan pembelajaran menu-lis teks anekdot yang dilakukan oleh guru bahasa Indonesia di kelas X.A Akuntansi SMK Negeri 1 Singaraja, (3) evaluasi yang dilakukan oleh guru bahasa Indonesia ter-kait dengan pembelajaran menulis teks anekdot di kelas X.A Akuntansi SMK Ne-geri 1 Singaraja, dan (4) kendala-kendala yang dihadapi oleh guru dan siswa dalam pembelajaran menulis teks anekdot.

Adapun manfaat yang bisa diperoleh dari penelitian ini dapat dibedakan menja-di dua, yakni manfaat teoretis dan praktis.

1. Manfaat Teoretis
Secara teoretis, hasil penelitian ini dapat memberikan sumbangan pemiki-ran tentang pembelajaran menulis teks anekdot, khususnya pada mata pelaja-ran bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013 di SMK Negeri 1 Singaraja. Sela-in itu, hasil penelitian ini akan memberi-kan konfirmasi teoretis terhadap proses pembelajaran menulis teks anekdot pa-da mata pelajaran bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013 di SMK Negeri 1 Singaraja.

2. Manfaat Praktis
Secara praktis, hasil penelitian ini akan bermanfaat untuk beberapa pihak. Bagi pihak sekolah, hasil pene-litian ini dapat memberikan sumbangan yang positif terhadap kemajuan seko-lah, yang tercermin dari peningkatan kemampuan profesional guru, perbaik-an proses, dan kebermaknaan hasil be-lajar siswa dalam pembelajaran menu-lis teks anekdot. Bagi guru, hasil pene-litian ini dapat digunakan oleh para gu-ru sebagai bahan evaluasi terhadap pembelajaran menulis teks anekdot yang telah berlangsung, sehingga da-pat mengantisipasi terjadinya kendala-kendala yang dihadapi. Bagi siswa, pembelajaran yang berbasis Kurikulum 2013 ini akan mendorong para siswa untuk menjadi siswa yang lebih aktif, kreatif, dan inovatif, karena pembela-jaran berorientasi pada kegiatan siswa dalam penulisan teks anekdot. Bagi peneliti lain, hasil penelitian ini bisa di-gunakan sebagai bahan informasi dan referensi bagi peneliti lain yang memer-lukan hasil dari penelitian ini sebagai bahan perbandingan untuk melakukan penelitian sejenis demi peningkatan proses serta hasil pembelajaran yang terkait menulis teks anekdot sehubu-ngan dengan penerapan Kurikulum 20-13, guna mewujudkan tujuan yang di-idealkan dalam pendidikan.

METODE PENELITIAN
Penelitian ini menggunakan ranca-ngan penelitian induktif kualitatif, atau yang selama ini lazim disebut dengan des-kriptif kualitatif. (Suandi, 1998:67) menya-takan bahwa penelitian deskriptif kualitatif memberikan predikat kepada variabel yang diteliti sesuai dengan kondisi yang sebenarnya. Sementara itu, Sugiyono, ( 2008:15) menyatakan bahwa rancangan penelitian induktif kualitatif adalah ranca-ngan penelitian yang digunakan untuk memperoleh data atau fakta-fakta yang bersifat khusus menuju ke hal yang ber-sifat umum. Dengan kata lain, rancangan penelitian induktif kualitatif digunakan un-tuk memperoleh data secara mendalam, yaitu suatu data yang mengandung mak-na. Makna adalah data yang sebenarnya, data yang pasti yang merupakan suatu ni-lai dibalik data yang tampak. Hal tersebut sesuai dengan hakikat penelitian kualitatif, yaitu bertujuan untuk memahami realitas secara mendalam dan mengungkapkan maknanya (Putra, 2012:6).

Subjek dalam penelitian ini adalah guru pengampu mata pelajaran bahasa In-donesia dan siswa kelas X.A Akuntansi SMK Negeri 1 Singaraja. Objek penelitian ini adalah pembelajaran menulis teks anekdot pada mata pelajaran bahasa In-donesia dalam Kurikulum 2013.

Dalam pengumpulan data peneliti-an, peneliti menggunakan tiga metode pe-ngumpulan data, yaitu metode observasi, metode wawancara, dan metode doku-mentasi. metode observasi digunakan un-tuk memperoleh data mengenai pelaksa-naan dan evaluasi pembelajaran menulis teks anekdot yang dilakukan oleh guru ba-hasa Indonesia di kelas X.A Akuntansi SMK Negeri 1 Singaraja. Metode wawan-cara digunakan untuk memperoleh infor-masi atau data yang lebih akurat menge-nai pembelajaran menulis teks anekdot pada Kurikulum 2013, khususnya yang berkaitan dengan perencanaan, pelaksa-naan, evaluasi, dan kendala-kendala yang dihadapi dalam pembelajaran menulis teks anekdot. Dokumen yang digunakan dalam penelitian ini untuk dicermati dan dianalisis adalah berupa Rencana Pelak-sanaan Pembelajaran (RPP), khusus ten-tang pembelajaran menulis teks anekdot di kelas X.A Akuntansi SMK Negeri 1 Singaraja. Untuk lebih memahami menge-nai metode pengumpulan data yang akan dilakukan, dapat dilihat pada tabel di ba-wah ini.

Tabel 01 Metode Pengumpulan Data
  1. Rumusan masalah
  2. Meto-de Pe-ngum-pulan Data
  3. Analisis Data
  1. Bagaimanakah perencanaan Wawancara Deskriptif kualitatif guru bahasa In-donesia di kelas X.A Akuntansi SMK Negeri 1 Singaraja terkait dengan pembe-lajaran menulis teks anekdot?
  2. Bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran menulis teks anekdot yang dilakukan oleh guru bahasa In-donesia di kelas X.A Akuntansi SMK Negeri 1 Singaraja?
  3. Bagaimanakah evaluasi yang dilakukan oleh guru bahasa In-donesia di kelas X.A Akuntansi SMK Negeri 1 Singaraja terkait dengan pembe-lajaran menulis teks anekdot?
  4. Bagaimanakah kendala-kenda-la yang dihada-pi oleh guru dan siswa dalam pembelajaran menulis teks anekdot? dan doku-mentasi Obser-vasi dan doku-mentasi Obser-vasi wawancara dan doku-mentasi
Teknik analisis data yang peneliti gunakan adalah teknik analisis induktif kualitatif atau yang lazim disebut dengan deskriptif kualitatif. Teknik induktif kuali-tatif/deskriptif kualitatif adalah suatu teknik menganalisis data dengan cara mengin-terpretasikan data yang diperoleh dengan kata-kata. Analisis data kualitatif dilakukan secara berkelanjutan sampai tuntas, se-hingga data yang diperoleh sudah menca-pai data jenuh. Analisis data dalam pene-litian ini mencakup empat tahap, yaitu 1) tabulasi data, 2) reduksi data, 3) penyajian data, dan (4) penyimpulan data.


HASIL DAN PEMBAHASAN
Hasil penelitian ini mencakup data-data tentang (1) perencanaan guru baha-sa Indonesia di kelas X.A Akuntansi SMK Negeri 1 Singaraja terkait dengan pembe-lajaran menulis teks anekdot, (2) pelaksa-naan pembelajaran menulis teks anekdot yang dilakukan oleh guru di kelas X.A Akuntansi SMK Negeri 1 Singaraja, (3) evaluasi yang dilakukan oleh guru terkait dengan pembelajaran menulis teks anek-dot di kelas X.A Akuntansi SMK Negeri 1 Singaraja, dan (4) kendala-kendala yang dihadapi oleh guru dan siswa dalam pem-belajaran menulis teks anekdot.

Sebelum melaksanakan pembela-jaran di kelas terlebih dahulu guru me-nyusun perencanaan pembelajaran. Pe-rencanaan pembelajaran yang dibuat oleh guru terangkum dalam RPP. RPP disusun berdasarkan silabus. Dalam Kurikulum 2013, silabus sudah disiapkan oleh peme-rintah, sehingga guru tinggal mengem-bangkan rencana pembelajaran yang tidak terlalu jelimet (Mulyasa, 2013:181). Wa-laupun demikian, perencanaan pembelaja-ran yang dibuat oleh guru, masih memiliki beberapa kelemahan, di antaranya ada-lah: tujuan pembelajaran belum seluruh-nya sesuai dengan indikator. Dari lima tu-juan pembelajaran yang dirumuskan, em-pat di antaranya sudah sesuai dengan in-dikator, sedangkan satu tujuan pembela-jaran lainnya belum sesuai dengan indi-kator. Permendikbud Nomor 81 A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum Pe-doman Umum Pembelajaran, dijelaskan bahwa tujuan pembelajaran dapat diorga-nisasikan mencakup seluruh KD atau diorganisasikan untuk setiap pertemuan. Tujuan mengacu pada indikator, paling ti-dak mengandung dua aspek, yaitu audi-ence (peserta didik) dan behavior (aspek kemampuan). Jadi, dalam RPP yang di-rancang oleh guru hendaknya dirumuskan tujuan pembelajaran yang disesuaikan dengan indikator.

Temuan lain yang peneliti dapat-kan, yaitu materi pelajaran yang dican-tumkan oleh guru dalam RPP hanya be-rupa garis-garis besarnya saja. Materi pembelajaran yang belum cukup diterakan secara terperinsi dalam RPP belumlah cukup pula menggambarkan materi pela-jaran yang dipersiapkan atau direncana-kan oleh guru, sehingga sulit diketahui ke-luasan materi atau pun kedalaman materi yang direncanakan sekaligus dikuasai o-leh guru itu sendiri. Padahal, isi RPP yang dalam hal ini terkait dengan kejelasan rin-cian materi juga diperuntukan sebagai in-formasi untuk mengetahui kemampuan guru dalam merencanakan pembelajaran.

Kelemahan lain yang terdapat da-lam RPP buatan guru, yaitu terkait dengan pencantuman pendekatan/metode. Kepu-tusan untuk mencantumkan pendekatan saintifik pada RPP sudah sesuai dengan pendekatan yang digunakan dalam Kuri-kulum 2013. Akan tetapi, untuk pencantu-man metode yang digunakan dalam pem-belajaran belum sesuai dengan kurikulum 2013. Dalam Kurikulum 2013, terdapat beberapa metode yang digunakan dalam pembelajaran, di antaranya adalah project based learning, problem based learning, dan discovery learning. Sementara itu, da-lam RPP yang dibuat oleh guru, metode yang dicantumkan adalah metode eksplo-rasi, elaborasi, dan konfirmasi.

Pembahasan selanjutnya, yakni terkait dengan kegiatan pembelajaran. Pa-da bagian pendahuluan guru perlu meru-muskan kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh peserta didik/merumuskan rencana kegiatan pembelajaran. Dalam Permen-dikbud Nomor 81 A Tahun 2013 disebut-kan bahwa salah satu hal yang harus dila-kukan oleh guru pada kegiatan penda-huluan adalah menjelasan tentang kegiat-an yang akan dilakukan oleh peserta didik untuk menyelesaikan permasalahan atau tugas.

Pada kegiatan inti belum memuat langkah-langkah pembelajaran sesuai dengan tahapan pendekatan saintifik. Ta-hapan-tahapan tersebut meliputi kegiatan mengamati, menanya, menalar, mengaso-siasikan, dan mengomunikasikan. Pada-hal, dalam Kurikulum 2013 diamanatkan tentang esensi pendekatan ilmiah dalam pembelajaran. Dalam permendikbud No-mor 81 A Tahun 2013 menyatakan bahwa kegiatan inti menggunakan metode yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran, yang meliputi proses observasi, menanya, mengumpul-kan informasi, asosiasi, dan komunikasi.

Kelemahan lainnya, yaitu pada ke-giatan penutup pembelajaran guru tidak mencantumkan kegiatan pengayaan atau remidi. Namun, bila diamati secara kese-luruhan isi rincian kegiatan penutup dalam RPP buatan guru yang digunakan sebagai pedoman pembelajaran sudah sesuai de-ngan komponen dalam lampiran IV Per-mendikbud Nomor 81 A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum Pedoman Umum Pembelajaran, khususnya pada bagian kegiatan penutup. Hal yang belum tercantum, yakni kegiatan pengayaan atau remidi. Kemendikbud (dalam Widyastono, 2014:206) menyatakan bahwa kegiatan penutup yang menjadi bagian dari proses pelaksanaan pembelajaran diukur dengan indikator berupa serangkaian kegiatan, sa-lah satunya adalah merencanakan kegiat-an tindak lanjut dalam bentuk pembela-jaran remidi, program pengayaan, dan la-yanan konseling.

Kelemahan terakhir yang akan di-bahas terkait dengan RPP buatan guru adalah pada rubrik “penilaian hasil” contoh instrumen yang digunakan belum selu-ruhnya sesuai dengan indikator. Bentuk instrumen yang digunakan adalah berupa empat pertanyaan-pertanyaan. Dari keem-pat pertanyaan tersebut, tiga pertanyaan sudah sesuai dengan indikator, sedang-kan satu pertanyaan lainnya belum sesuai dengan indikator. Dalam Permendikbud Nomor 81 A Tahun 2013 juga dinyatakan bahwa prosedur dan instrumen penilaian proses dan hasil belajar disesuaikan de-ngan indikator pencapaian kompetensi da-sar dan mengacu kepada standar penilai-an.

Dilihat dari segi pelaksanaan pem-belajaran, secara umum guru sudah me-laksanakan pembelajaran sesuai dengan Permendikbud Nomor 81 A Tahun 2013, namun terdapat beberapa ketidaksesuai-an antara RPP yang dirancang oleh guru dan pelaksanaannya di kelas. Ketidakse-suaian tersebut salah satunya adalah ren-cana kegiatan pembelajaran yang disam-paikan oleh guru saat pelaksanaan pem-belajaran tidak dicantumkan di dalam RPP. Dalam Permendikbud Nomor 81 A Tahun 2013 disebutkan bahwa salah satu kegiatan yang harus dilakukan oleh guru pada bagian pendahuluan, yaitu menyam-paikan garis besar cakupan materi dan penjelasan tentang kegiatan yang akan dilakukan peserta didik untuk menyelesai-kan permasalahan atau tugas. Berdasar-kan hal tersebut, rencana kegiatan pem-belajaran yang disampaikan oleh guru ke-tika kegiatan belajar mengajar berlang-sung penting untuk diterakan dalam RPP, mengingat bahwa RPP merupakan acuan bagi guru untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran agar pembelajaran di dalam kelas dapat berlangsung secara lebih ter-arah, serta dapat berjalan dengan efektif dan efisien.

Ketidaksesuaian antara RPP dan pelaksanaan pembelajaran juga tampak pada langkah-langkah pembelajaran. Pa-da kegiatan inti yang dirancang oleh guru dalam RPP belum memuat kegiatan pem-belajaran dengan mengacu pada tahapan-tahapan pembelajaran dengan pendeka-tan saintifik, akan tetapi dalam pelaksa-naannya guru sudah melakukan kegiatan pembelajaran sesuai dengan pendekatan saintifik. Dalam Permendikbud Nomor 81 A Tahun 2013 dinyatakan bahwa kegiatan inti merupakan proses pembelajaran untuk mencapai tujuan, yang dilakukan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, me-nantang, memotivasi peserta didik untuk secara aktif menjadi pencari informasi, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian se-suai bakat, minat dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. Kegiatan inti menggunakan metode yang disesuaikan dengan karakteristik peserta didik dan ma-ta pelajaran, yang meliputi proses obser-vasi, menanya, mengumpulkan informasi, asosiasi, dan komunikasi. Berdasarkan pengertian tersebut, hendaknya semua kegiatan yang dilakukan oleh guru saat pembelajaran di kelas dicantumkan di da-lam RPP.

Kelemahan pada kegiatan penutup yang dilakukan oleh guru pada pelaksa-naan pembelajaran, yaitu tes lisan yang diberikan oleh guru belum bisa memberi-kan gambaran yang akurat terhadap ke-mampuan peserta didik dalam memahami materi mengenai teks anekdot, karena ti-dak semua peserta didik menjawab perta-nyaan yang diajukan oleh guru. Hal itu se-ngaja dilakukan oleh guru karena dari tes lisan itulah guru akan melihat keaktifan peserta didik pada saat mengikuti pembe-lajaran. Pada saat peserta didik menjawab pertanyaan, guru akan mengetahui secara langsung jawaban dari peserta didik, se-hingga guru dapat mengetahui konsep yang sudah tertanam dalam diri peserta didik. Hal tersebut senada dengan yang disampaikan oleh Sutikno bahwa tes lisan adalah tes soal dan jawabannya menggu-nakan bahasa lisan, siswa akan menja-wab dengan kata-kata sendiri sesuai de-ngan pertanyaan perintah yang diberikan (Sutikno, 2007:88). Jadi, pemberian tes lisan kepada peserta didik oleh guru itu sudah bagus, hanya saja guru harus me-rancang tes lisan yang dapat memberikan gambaran yang jelas terhadap kemam-puan peserta didik dalam memahami ma-teri tentang teks anekdot dan melibatkan seluruh peserta didik.

Evaluasi merupakan suatu tinda-kan atau proses untuk menentukan nilai dari sesuatu (Want dan Gerald W. Brown, dalam Sudaryono, 2012:38). Menurut Sudijono (2012:2), evaluasi merupakan kegiatan atau proses penentuan nilai pen-didikan, sehingga dapat diketahui mutu dan hasil-hasilnya. Evaluasi yang dilaku-kan oleh guru untuk mengetahui perkem-bangan peserta didik, yaitu penilaian kom-petensi sikap, pengetahuan, dan kete-rampilan. Secara umum, ketiga penilaian tersebut sudah dilaksanakan oleh guru dan sudah sesuai dengan Permendikbud Nomor 81 A Tahun 2013. Secara lebih mengkhusus, evaluasi yang dilakukan oleh guru memiliki beberapa kelemahan, salah satunya adalah tidak disediakannya rubrik penilaian untuk tes lisan dan tulis, serta tidak disediakannya daftar perta-nyaan untuk tes lisan. Hal ini disebabkan karena tes lisan yang diberikan oleh guru pada saat pembelajaran berlangsung me-rupakan pertanyaan yang muncul secara spontan. Maka dari itu, guru tidak mem-buat daftar pertanyaan untuk tes lisan yang dilaksanakan dalam pembelajaran.

Rubrik penilaian untuk tes tulis dan lisan juga tidak dibuat oleh guru karena guru memberikan penilaian langsung ke-pada peserta didik pada saat menjawab soal yang diberikan. Untuk dapat menge-valuasi hasil belajar siswa, guru harus ber-pedoman pada rubrik penilaian agar evaluasi lebih terarah. Apabila rubrik tidak ada, maka guru akan kesulitan untuk me-ngetahui hasil belajar peserta didik. Se-perti yang diungkapkan oleh Kunandar (2007:355) bahwa evaluasi hasil belajar adalah suatu tindakan atau suatu proses untuk menentukan nilai keberhasilan bela-jar peserta didik setelah mengalami pro-ses belajar selama satu periode tertentu. Dalam penelitian yang dilakukan oleh Ni Ketut Midiastini pada tahun 2014 dengan judul penelitian “Pelaksanaan Pembelaja-ran Bahasa Indonesia dengan Pende-katan Tematik Berdasarkan Kurikulum 20-13 pada Kelas IV SD Saraswati Denpa-sar”, juga terdapat temuan, yaitu guru ti-dak mencantumkan kriteria pemberian skor. Dalam penelitiannya, Midiastini me-nyarankan bahwa pada pelaksanaan eva-luasi hasil pembelajaran guru hendaknya mencantumkan instrumen yang jelas ber-bentuk butir soal dan penskoran yang su-dah ditetapkan pada standar penilaian da-lam kurikulum 2013.

Beranjak dari implementasi pem-belajaran menulis teks anekdot pada mata pelajaran bahasa Indonesia dalam kuri-kulum 2013 di kelas X.A Akuntansi SMK Negeri 1 Singaraja, terdapat beberapa kendala yang dialami oleh guru dan siswa dalam pembelajaran menulis teks anek-dot. Adapun kendala yang dialami oleh guru, yaitu guru mengalami kesulitan un-tuk membangkitkan semangat siswa da-lam belajar. Dikatakan demikian, karena selama ini siswa kurang memiliki kesada-ran akan pentingnya belajar mandiri. Se-jauh ini, guru mengamati bahwa siswa su-lit sekali mencari informasi tentang materi yang sedang dan akan dipelajari jika tidak diperintahkan terlebih dahulu oleh guru. Oleh karena itu, guru harus memerintah-kan siswa untuk mencari informasi tamba-han di internet, media massa, atau pun pada sumber lain, barulah siswa mau be-kerja sesuai dengan apa yang diperintah-kan oleh guru. Kalau tidak ada tugas/ perintah dari guru, siswa tidak memiliki kesadaran sendiri untuk belajar mandiri.

Berdasarkan hambatan yang diha-dapi oleh guru seperti disebutkan di atas, cara yang dapat dilakukan untuk menga-tasi kendala tersebut adalah dengan me-ngingatkan sekaligus memotivasi peserta didik bahwa informasi bisa berasal dari mana saja, kapan saja, dan tidak bergan-tung pada informasi searah dari guru. Oleh karena itu, kondisi pembelajaran yang diharapkan adalah tercipta diarahkan untuk mendorong peserta didik dalam mencari tahu informasi dari berbagai sum-ber melalui observasi, dan bukan hanya diberi tahu.

Selain kendala yang dialami oleh guru, terdapat pula beberapa kendala yang dialami oleh siswa. Kendala-kendala tersebut meliputi, (1) siswa mengalami ke-sulitan dalam menentukan cerita yang ter-golong lucu. Hal ini disebabkan oleh ka-dar/tingkat kelucuan yang dimiliki oleh se-tiap siswa berbeda-beda. Boleh jadi apa yang menurut mereka lucu, tetapi menurut orang lain itu tidak lucu; (2) siswa merasa kesulitan dalam menyusun dialog, utama-nya dialog-dialog yang menandai unsur-unsur teks anekdot seperti abstraksi, ori-entasi, krisis, reaksi, dan koda. Dengan kata lain, siswa merasa kesulitan ketika menyusun dialog dengan mengaplikasikan struktur teks anekdot. dan (3) siswa me-rasa kesulitan dalam menyatu-padukan unsur lucu bernuansa sindiran. Dengan kata lain, siswa merasa kesulitan dalam menyusun cerita yang bersifat lucu, tetapi sebenarnya unsur lucu tersebut dimak-sudkan untuk menyindir seseorang.

Untuk mengatasi kendala yang be-rupa kesulitan dalam menentukan cerita lucu, siswa hendaknya memilih dan men-cari hal-hal unik yang jarang ditemui/diala-mi oleh orang lain, setidaknya cerita yang dipilih itu mengandung unsur lucu, se-hingga siswa lainnya pun akan merasa terhibur. Dengan mereka merasa terhibur, cerita tersebut dapat digolongkan ke da-lam cerita lucu. Untuk mengatasi kesulitan siswa dalam menyusun dialog dengan mengaplikasikan struktur teks anekdot, siswa terlebih dahulu harus memahami konsep struktur teks itu sendiri, setelah itu mulailah menyusun dialog dengan meng-gunakan bahasa yang ringan agar tidak terlalu memberatkan pikiran. Untuk me-ngatasi kesulitan siswa dalam menyusun cerita lucu bernuansa sindiran, ada baik-nya jika siswa mencari dan membaca bu-ku-buku cerita humor, menonton acara-acara lawak pada tayangan televisi, dan mencari contoh-contoh cerita lucu di inter-net. Dengan pengalaman-pengalaman ter-sebut, setidaknya siswa akan mengetahui bagaimana memadukan unsur lucu yang sekaligus bermakna sindiran.

SIMPULAN DAN SARAN
Berdasarkan hasil dan pembahasan, dapat disimpulkan beberapa hal mengenai penelitian ini. Pertama, perencanaan yang dilaku-kan oleh guru sebelum melaksanakan pembelajaran, yaitu menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). RPP yang disusun oleh guru sudah sesuai de-ngan Permendikbud Nomor 81 A Tahun 2013, namun ditemukan beberapa kompo-nen RPP yang harus diperbaiki dan di-lengkapi oleh guru, yaitu: tujuan pembe-lajaran belum seluruhnya sesuai dengan indikator, materi pelajaran perlu diperinci, metode yang digunakan dalam pembela-jaran harus disesuaikan dengan kurikulum 2013, pada bagian pendahuluan guru per-lu merumuskan kegiatan-kegiatan yang di-lakukan oleh peserta didik, pada bagian kegiatan inti guru perlu merumuskan lang-kah-langkah pembelajaran sesuai dengan tahapan-tahapan pendekatan saintifik, pa-da kegiatan penutup pembelajaran guru ti-dak mencantumkan kegiatan pengayaan atau remidi, dan pada rubrik “penilaian ha-sil” contoh instrumen yang digunakan be-lum seluruhnya sesuai dengan indikator. Kedua, pelaksanaan pembelajaran menulis teks anekdot pada mata pelajaran bahasa Indonesia dalam kurikulum 2013 di kelas X.A Akuntansi SMK Negeri 1 Singaraja pada dasarnya sudah sesuai dengan Permendikbud Nomor 81 A Tahun 2013. Namun, secara lebih mengkhusus, terdapat ketidaksesuaian antara RPP yang dirancang oleh guru dengan pelak-sanaan pembelajaran di kelas, yaitu ren-cana kegiatan pembelajaran yang disam-paikan oleh guru saat pelaksanaan pem-belajaran tidak dicantumkan di dalam RPP, kemudian pada kegiatan inti yang di-rancang oleh guru belum memuat kegiat-an pembelajaran dengan mengacu pada tahapan-tahapan pembelajaran dengan pendekatan saintifik, akan tetapi dalam pelaksanaannya guru sudah melakukan kegiatan pembelajaran sesuai dengan pendekatan saintifik. Kegiatan penutup yang dilakukan oleh guru dan peserta di-dik sudah sesuai dengan RPP buatan guru, hanya saja tes lisan yang diberikan o-leh guru belum bisa memberikan gambar-an yang akurat terhadap kemampuan pe-serta didik. Di samping itu, kegiatan pe-ngayaan dan remidi yang diberikan oleh guru kepada peserta didik perlu dicantum-kan di dalam RPP.

Ketiga, evaluasi pembelajaran me-nulis teks anekdot pada mata pelajaran bahasa Indonesia dalam kurikulum 2013 di kelas X.A Akuntansi SMK Negeri 1 Si-ngaraja sudah sesuai dengan Permen-dikbud Nomor 81 A Tahun 2013, yaitu menggunakan penilaian autentik. Pada pelaksanaan evaluasi, guru melakukan penilaian kompetensi sikap (berupa peni-laian diri, observasi, antarteman, dan jur-nal), penilaian kompetensi pengetahuan, dan penilaian kompetensi keterampilan.

Keempat, kendala yang dialami oleh guru, yaitu guru mengalami kesulitan un-tuk membangkitkan semangat siswa da-lam belajar. Sedangkan, kendala yang di-alami oleh siswa antara lain: (1) siswa me-ngalami kesulitan dalam menentukan ce-rita yang tergolong lucu, (2) siswa merasa kesulitan dalam menyusun dialog, utama-nya dialog-dialog yang menandai unsur-unsur teks anekdot seperti abstraksi, ori-entasi, krisis, reaksi, dan koda. dan (3) siswa merasa kesulitan dalam menyatu-padukan unsur lucu bernuansa sindiran. Dengan kata lain, siswa merasa kesulitan dalam menyusun cerita yang bersifat lucu, tetapi sebenarnya unsur lucu tersebut di-maksudkan untuk menyindir seseorang.

Berdasarkan hasil penelitian dan simpulan di atas, saran-saran yang dapat disampaikan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut.

Pertama, guru hendaknya selalu melakukan perbaikan, pengembangan ide, dan konsep serta inovasi pembelajaran baik pada aspek perencanaan, pelaksa-naan, maupun evaluasi pembelajaran se-hingga mutu pendidikan dapat tercapai le-bih optimal.

Kedua, untuk menunjang pelaksana-an pembelajaran sesuai dengan Kuriku-lum 2013, hendaknya sekolah memberi-kan pelatihan tentang implementasi Kuri-kulum 2013 secara berkelompok kepada guru yang bertugas menerapkan Kuriku-lum 2013 di kelas, sehingga pelaksanaan pembelajaran yang berbasis Kurikulum 2013 secepat mungkin dapat terealisasi-kan dengan baik. Peningkatan pengadaan fasilitas yang lebih lengkap berupa sarana prasarana perlu diupayakan untuk menun-jang kegiatan pembelajaran di kelas.

Ketiga, peneliti memberikan saran kepada pemerintah untuk memberikan pelatihan yang lebih intensif kepada guru dalam penerapan Kurikulum 2013, sehing-ga guru dapat menerapkan pembelajaran yang berbasis Kurikulum 2013 dengan baik dan sesuai dengan harapan. Selain itu, pemerintah hendaknya selalu melaku-kan supervisi ke sekolah-sekolah yang te-lah menerapkan Kurikulum 2013 agar da-pat mengetahui sejauh mana penerapan kurikulum sudah terlaksana dan dapat dengan cepat mengetahui penyimpangan yang ada dalam penerapan Kurikulum 2013.

Keempat, peneliti lain disarankan untuk melakukan penelitian lanjutan de-ngan memperluas masalah dan situs pe-nelitian ini dengan mengembangkan in-strumen penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Dengan demikian, hasil penelitian ini menjadi lebih luas dan dapat dipertanggungjawabkan.


DAFTAR PUSTAKA
Damayanti, Ni Komang Ayu. 2014. Pembelajaran Menulis Teks Anekdot Berpendekatan Saintifik dengan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) pada Siswa Kelas X Tata Kecantikan Kulit 1 Di SMK Negeri 2 Singaraja. Skripsi (tidak diterbitkan). Singaraja: UNDIKSHA.
Kemendikbud. 2013. Buku Guru: Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik untuk Kelas X. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
-------. 2013. Buku Siswa: Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik untuk Kelas X. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan kebudayaan.
e-Journal JPBSI Universitas Pendidikan Ganesha
Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (Volume 3 No 1 Tahun 2015)
-------. 2013c. Salinan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 81A Tahun 2013 Tentang Pedoman Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kunandar. 2007. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Persiapan Guru Menghadapi Sertifikasi Guru. Jakarta: Raja Grapindo Persada.
Midiastini, Ni Ketut. 2014. Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Pendekatan Tematik Berdasarkan Kurikulum 2013 pada Kelas IV SD Saraswati Denpasar. Tesis (tidak diterbitkan). Singaraja: PPS UNDIKSHA.
Mulyasa, H.E. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum Pedoman Umum Pembelajaran. Jakarta.
Putra, Nusa. 2012. Penelitian Kualitatif: Proses dan Aplikasi. Jakarta: PT Indeks.
Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. 2013.
Suandi, I Nengah. 1998. Pengantar Metodologi Penelitian Bahasa. Singaraja: FKIP Universitas Udayana.
Sudaryono. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sudijono, Anas. 2012. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryani, Putu. 2014. Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks Di Kelas X SMA Negeri 1 Singaraja. Skripsi (tidak diterbitkan). Singaraja: UNDIKSHA.
Sutikno, M. Sobry. 2007. Menggagas Pembelajaran Efektif dan Bermakna. Mataram: NTP Press.
Widyastono, Herry. 2014. Pengembangan Kurikulum di Era Otonomi Daerah: dari Kurikulum 2004, 2006, ke kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Author:

Facebook Comment