CRITICAL BOOK REPORT “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D Pengarang Prof.Dr.Sugiyono “

BAB I
PENDAHULUAN
A.    LATAR BELAKANG
            Karya ilmiah merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dengan keidupan kampus dan menjadi salah satu kegiatan pokok di perguruan tinggi, baik itu berguna untuk dosen maupun mahasiswa. karya ilmiah merupakan karya tulis yang telah banyak diakui dalam berbagai bidang baik itu ilmu pengetahuan, teknologi maupun seni. secara umum melalui pembuatan karya ilmiah, masyarakat akan mengetahui berbagai hal yang dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya. sementara dalam masyarakat akademik pada suatu perguruan tinggi karya ilmiah dapat digunakan untuk mengkomukasikan informasi baru, gagasan, kajian, dan/atau hasil penelitian. Yang tergolong ke dalam karangan ilmiah yaitu makalah, laporan, skripsi, tesis dan disertasi. yang tergolong ke dalam karangan semi ilmiah yaitu artikel, editorial, oponi, repotase. dan yang tergolong karangan non ilmiah yaitu anekdot, dongeng, hikayat, cerpen, novel, dan naskah drama.
B.     IDENTITAS BUKU
Identitas Buku Utama :
Judul Buku      : Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D
Pengarang       : Prof.Dr.Sugiyono
Penerbit           : Alfabeta
Tahun Cetak    : 2016
Kota Terbit      : Bandung
Tebal Buku      : x + 334
Ukuran                        : 16x24 cm
ISBN               : 979-8433-64-0





            Identitas Buku Kedua :
Judul Buku      : Pedoman Penulisan Karya Ilmiah (Proposal, Skripsi, Dan Tesis Dan                                                Mempersiapkan Diri Menjadi Pebulis Artikel Ilmiah
Pengarang       : H. Bahdin Nur Tanjung, S.E., M.M.
                          Drs. H. Ardial., M.SI
Penerbit           : Kencana
Tahun Cetak    : 2010
Kota Terbit      : Jakarta
Tebal Buku      : xvii, 258; hlm
Ukuran                        : 21 Cm
ISBN               : 979-3925-21-3
            Identitas Buku Ketiga :
Judul Buku      : Teknik Menulis Karya Ilmiah
Pengarang       : Dr. Sudirman., S.E., M.Pd.
Penerbit           : Unimed
Tahun Cetak    : 2017
Kota Terbit      : Medan Estate
Tebal Buku      : iii, 86; hlm

C.     TUJUAN
-          untuk memenuhi tugas individu dari dosen pengampu.
-          untuk mengkaji sebuah buku terkait dengan teori penulisan karya ilmiah.
D.    MANFAAT
-          mahasiswa menjadi paham terkait dengan sistematika penulisan critical book report.
-          mahasiswa menjadi paham terkait dengan metode penelitian dalam karya ilmiah.



BAB II
RINGKASAN ISI BUKU
BAGIAN I. PENELITIAN KUANTITATIF DAN KUALITATIF
            Metode penelitian pada dasarnya merupakan cara ilmiah untuk mendapatkan data dengan tujuan dan kegunaan tertentu. Yang termasuk metode kuantitatif adalah metode penelitian eksperimen dan survey, sedangkan yang termasuk dalam metode kualitatif yaitu metode neturalistik. Basic research menggunakan metode ekperimen dan kualitatif, applied research menggunakan eksperimen dan survey, dan R&D menggunakan survey, kualitatif dan eksperimen.
BAGIAN II. METODE PENELITIAN KUANTITATIF
Proses penelitian kuantitatif
kesimpulan dan saran
 
analisis data
 
pengumpulan data
 
perumusan  hipotesis
 
rumusan masalah
 
landasan teori
 
.................................................................................................................                                                                    .................................................................................................................                                                                    .................................................................................................................


Stonner (1982) mengemukakan bahwa masalah-masalah dapat diketahui atau dicari apabila terdapat penyimpangan antara pengalaman dengan kenyataan, antara apa yang direncanakan dengan kenyataan, adanya pengaduan, dan kompetensi. Bentuk masalah dapat dikelompokkan ke dalam bentuk masalah deskriptif, komporatif dan assosiatif.
BAGIAN III METODE PENELITIAN KUALITATIF
            Focus yang sebenarnya dalam penelitian kualitatif diperoleh setelah peneliti melakukan penjelajahan umum. penelitian kualitatif dituntut mampu mengorganisasikan semua teori yang dibaca. Landasan teori yang dikemukakan tidak merupakan harga mati, tetapi bersifat sementara. Dalam penelitian kualitatif tidak menggunakan istilah populasi, teknik sampling pada dasarnya dapat dikelompokkan menjadi dua yaitu Probability Sampling meliputi, simple random, proportionate stratified random, disproportionate stratified random, dan area random. dan Nonprobability Sampling. Uji keabsahan data penelitian, sering hanya ditekankan pada uji validitas dan relibilitas.
BAGIAN IV PROPOSAL PENELITIAN
Sistematika proposal penelitian kuantitatif
I.                   PENDAHULUAN
A.    latar belakang
B.     identifikasi masalah
C.     batasan masalah
D.    rumusan masalah
E.     tujuan penelitian
F.      kegunaan hasil penelitian
II.                LANDASAN TEORI, KERANGKA BERFIKIR DAN PENGAJUAN HIPOTESIS
A.    deskripsi teori
B.     kerangka berfikir
C.     hipotesis
III.             PROSEDUR PENELITIAN
A.    metode
B.     populasi dan sampel
C.     instrument penelitian
D.    teknik pengumpulan data
E.     teknik analisis data
IV.             ORGANISASI DAN JADWAL PENELITIAN
A.    organisasi penelitian
B.     jadwal penelitian
V.                BIAYA YANG DIPERLUKAN
Sistematika proposal penelitian kualitatif
I.                   PENDAHULUAN
A.    latar belakang
B.     focus penelitian
C.     rumusan masalah
D.    tujuan penelitian
E.     manfaat penelitian
II.                STUDI KEPUSTAKAAN
A.    .........................................................................................
B.     .........................................................................................
C.     .........................................................................................
III.             PROSEDUR PENELITIAN
A.    metode, dan alasan menggunakan metode
B.     tempat penelitian
C.     instrument penelitian
D.    sampel sumber data
E.     teknik pengumpulan data
F.      teknik analisis data
G.    rencana pengujian keabsahan data
IV.             ORGANISASI DAN JADWAL PENELITIAN
A.    organisasi penelitian
B.     jadwal penelitian
V.                BIAYA YANG DIPERLUKAN
BAGIAN V PENELITIANDAN PENGEMBANGAN
            Penelitian dan pengembangan (research & development) adalah metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk tersebut.
Sistematika laporan adalah sebagai berikut.
HALAMAN JUDUL
ABSTRAK
PENGANTAR
DAFTARA ISI
DAFTAR GAMBAR
DAFTAR TABEL
BAB I. PEDAHULUAN
a.       latar belakang
b.      rumusan masalah
c.       tujuan
d.      manfaat
BAB II. LANDASAN TEORI, KERANGKA BERFIKIR DAN PENGAJUAN HIPOTESIS
a.       deskripsi teori
b.      kerangka berfikir
c.       hipotesis(produk yang akan dihasilkan)
BAB III. PROSEDUR PENELITIAN
a.       langkah-langkah penelitian
b.      metode penelitian
1.      populasi sampel sumber data
2.      teknik pengumpulan data
3.      instrument penelitian
4.      analisis data
5.      perencanaan desain produk
6.      validasi desain
c.       metode penelitian tahap II
1.      model rancangan eksperimen untuk menguji
2.      populasi dan sampel
3.      teknik pengumpulan data
4.      instrument penelitian
5.      teknik analisis data
BAB IV. HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
a.       desain awal produk (gambar dan penjelasan)
b.      hasil pengujian pertama
c.       revisi produk (gambar setelah direvisi dan
d.      hasil pengujian tahap ke-II
e.       revisi produk (gambar setelah direvisi dan
f.       pegajuan tahap ke-III (bila perlu)
g.      penyempurnaan produk (gambar terakhir dan
h.      pembahasan produk
BAB V. KESIMPULAN DAN SARAN PENGGUNAANNYA
a.       kesimpulan
b.      saran pengguanaan
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN INSTRUMENT
LAMPIRAN DATA
LAMPIRAN PRODUK YANG DIHASILKAN BERIKUT BUKU PENJELASANNYA


  


BAB III
PEMBAHASAN
A.    KELEMAHAN ISI BUKU
-          Terdapat bahasa yang sulit di mengerti.
-          Pada buku utama penulis tidak membahas terkait dengan perbedaan skripsi, tesis dan disertasi sedangkan pada buku kedua penulis menjelaskan terkait dengan perbedaan skripsi, tesis dan disertasi, pada buku ketiga penulis tidak menjelaskan perbedaan skripsi, tesis dan disertasi.
-          Terdapat kesalahan dalam penulisan.
-          Terdapat banyak pendapat yang tercantum  pada buku pertama, sehingga pembaca sedikit bingung untuk menyimpulkan hasil pembahasan tersebut.
-          Buku pertama hanya terdapat sedikit lampiran-lampiran, pada buku kedua terdapat sepuluh lampiran, dan buku ketiga tidak terdapat lampiran.
-          Buku pertama tidak membahas tentang pemakaian bahasa Indonesia dalam artikel ilmiah, sedangkan pada buku kedua penulis membahas tentang pemakaian bahasa Indonesia dalam artikel ilmiah dan pada buku ketiga penulis tidak membahas.
-          Dalam buku pertama penulis tidak membahas terkait kode etik dalam penulisan karya ilmiah sedangkan dalam buku kedua penulis membahas terkait kode etik penulisan karya ilmiah. dan pada buku ketiga penulis tidak membahas kode etik penulisan karya ilmiah.
B.     KELEBIHAN ISI BUKU
-          Dalam buku pertama penulis membuat contoh analisis data dengan jelas dan terperinci sedangkan pada buku kedua penulis tidak menuliskan contoh analisis dengan terperinci, dan pada buku ketiga penulis tidak menuliskan contoh analisis.
-          Isi pembahasan buku pertama menggunakan tabel. sedangkan pada buku kedua terdapat tabel juga, sedangkan pada buku ketiga tidak terdapat tabel.
-          Pembahasan pada buku pertama sangat menjelaskan terkait dengan metode penelitian yang dapat digunakan, sedangkan pada buku kedua penulis tidak menjelaskan dengan detail metode penelitian yang dapat digunakan dan pada buku ketiga penulis menjelaskan, namun tidak dengan detail seperti buku pertama.
-          Pada buku pertama, pembahasan lebih mudah dipahami karena mengguanakan gambar-gambar sedangkan pada  buku kedua juga mudah dipahami karena mengguanakan gambar-gambar dan contoh dan pada buku ketiga tidak mengguanakan gambar-gambar.
-          Buku pertama memberikan contoh-contoh judul penelitian, pada buku dua penulis tidak memberikan contoh-contoh judul penelitian, dan buku ketiga juga tidak memberikann contoh-contoh judul.
-          Buku pertama sangat tepat dijadikan buku pedoman dalam menulis proposal penelitian sedangkan buku kedua sangat tepat dijadikan buku dasar dalam penulisan karya ilmiah seperti proposal dan skripsi. Sedangkan buku ketiga sangat tepat dijadikan buku materi pelajaran saja.
BAB IV
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Dari pembahasan diatas dapat disimpulkan bahwa buku pertama layak untuk dibaca oleh seluruh mahasiswa dan masyarakat umum namun lebih tepat kepada mahasiswa yang akan mengajukan proposal penelitian, dan melakukan penelitian untuk dapat memperoleh gelar S1. sedangkan pada buku kedua layak untuk dibaca oleh mahasiswa dan masyarakat umum, layak digunakan untuk materi pembelajaran sedangkan buku ketiga layak untuk dibaca oleh mahasiswa dan masyarakat umum.
B.     saran
-          akan lebih baik lagi jika penulis buku menggunakan bahasa yang mudah dipahami, atau jika menggunakan bahasa ilmiah harus memberi pengertian khusus setelahnya.
-          akan lebih baik lagi jika pada penulis pertama, membahas perbedaan antara skripsi, tesis dan disertasi.
-          akan lebih baik lagi jika penulis lebih teliti lagi dalam proses pengetikan.
-          akan lebih baik lagi jika penulis tidak menyantumkan terlalu banyak pendapat para ahli.
-          akan lebih baik lagi jika penulis memperbanyak lampiran-lampiran pada buku pertama.




DAFTAR PUSTAKA
Sugiyono.2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung:Alfabeta.
Tanjung, Bahdin Nur.2010. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah (Proposal, Skripsi, Dan Tesis Dan Mempersiapkan Diri Menjadi Pebulis Artikel Ilmiah.Jakarta:Kencana.
Sudirman.2016.Teknik Menulis Karya Ilmiah; Bahan Ajar Fip Unimed




Author:

Facebook Comment