Makalah Tentang Manfaat Internet Dalam Dunia Pendidikan

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar belakang masalah
Seiring dengan perkembangan zaman yang sangat pesat khususnya dinegara-negara yang sudah maju seperti Amerika, Eropa, Jepang dan lainsebagainya. Negara-negara tersebut adalah negara yang sudah maju di bidang teknologi, teknologi mempunyai peranan yang sangat penting dalam kehidupanmanusia karena dengan adanya teknologi manusia bisa saling berhubungandengan mudah. Sekarang teknologi sudah semakin canggih, teknologi yang paling populer sekarang ini adalah internet karena dengan adanya internet banyak informasi berharga yang dapat kita ambil dengan mudah, internet merupakansalah satu alat komunikasi yang sangat cepat dan murah.Internet merupakan suatu perpustakaan besar yang didalamnya terdapat jutaan behkan miliaran informasi yang berupa teks dalam bentuk mediaelektronik selain itu internet dikenal sebagai dunia maya, karena hampir seluruhaspek kehidupan di dunia nyata ada di internet seperti olah raga, politik, hiburandan lain sebagainya, selain itu juga internet mempunyai peranan yang sangat penting dalam dunia pendidikan karena dengan adanya internet bisa menambahilmu pengetahuan kita dan dapat menambah motivasi belajar siswa.Dengan dimanfaatkan internet dalam dunia pendidikan agar siswa dapatmemiliki komitmen untuk belajar secara aktif dan memiliki teknis kemampuan khususnya di bidang pendidikan, oleh karena itu internet dapat mempermudah belajar mengajar dengan baik.Sehubungan dengan hal ini di atas penulis membahas tentang “manfaat internet dalam dunia pendidikan”

B. Rumusan Masalah

Makalah ini bertujuan untuk menjelaskan beberapa masalah dalam materi internet misalnya :
  1. Apa yang dimaksud dengan internet?
  2. Apa manfaat Internet dalam dunia pendidikan? 
  3. Apa dampak positif dan negatif dari Internet?
  4. Perangkat keras dan lunak dalam menjalankan internet
Makalah Tentang Manfaat Internet Dalam Dunia Pendidikan

BAB II
PEMBAHASAN

A. Pengertian internet
Internet dapat diartikan sebagai jaringan komputer luas dan besar yangmendunia, yaitu menghubungkan pemakai komputer dari suatu negara ke negaralain di seluruh dunia, dimana di dalamnya terdapat berbagai sumber dayainformasi dari mulai yang statis hingga yang dinamis dan interaktif. Internet merupakan sebuah jaringan (Internet Protokol) yang terdiri dari beberapa komputer yang sudah terkoneksi ke dalam jaringan global. Sejarahinternet bermula pada akhir decade 60-an saat Departement Pertahanan AS atauUnited States Departement of Defence (DoD) memerlukan standar baru untuk komunikasi internetworking. Standar yang diperlukan yaitu standar yangmampu menghubungkan segala jenis komputer di DoD dengan komputer milik kontraktor militer, organisasi penelitian dan ilmiah diUniversitas.Tahun 1969 Advance Research Project Agency (ARPA) dibentuk tugasnya melakukan penelitian jaringan komputer mempergunakan teknologi packet switching. Jaringan pertama dibangun menghubungkan empat tempat,yaitu standford Research Institute (SRI), University of California at SantaBarbara (USCB), University of California at Los Angeles (UCLA), danUniversity of Utah (Utah). Hingga tahun 1972 jaringan ini telah menghubungkanlebih dari 20 Host dan disebut sebagai ARPANet. ARPANet kemudian menjadi backboneInternetworking Institute pendidikan, penelitian, industri dan kontraktor terutama yang berkaitan dengan jaringan militer (MILNet).3

Tahun 1986 ARPANet mulai dikomersialkan dengan mengisolasikan jaringan militer. National Science Foundation. (NFS) kemudian membiayai pembongkaran backbone ARPANet menjadi backbone internet komersial dan dikelola oleh Advanced Network Service (ANS). Andrew S. Tenenbaum (1996) :andil besar dalam perwujudan internet adalah tergabungnya jaringan regionalseperti SPAN (jaringan fisika energi tinggi), BITNET (jaringan mainframe IBM),EARN (jaringan akademis Eropa dan digunakan pula di Eropa timur) danditambah dengan sejumlah link transaltlantik yang beroperasi pada 64 Kbps-2Mbps pada tahun 1988

1. Manfaat internet
Secara umum ada banyak manfaat yang dapat diperoleh apabila seseorang mempunyai akses ke internet. Berikut ini sebagian dari apa yang tersedia di internet:
  1. Informasi untuk kehidupan pribadi :kesehatan, rekreasi, hobby, pengembangan pribadi, rohani,sosial.
  2. Informasi untuk kehidupan profesional/pekerja :sains, teknologi, perdagangan,
  3. Saham, komoditas, berita bisnis, asosiasi profesi, asosiasi bisnis, berbagai forum komunikasi.
Satu hal yang paling menarik ialah keanggotaan internet tidak mengenal batas negara,ras, kelas ekonomi, ideologi atau faktor faktor lain yang biasanya dapat menghambat pertukaran pikiran. Internet adalah suatu komunitas dunia yang sifatnya sangatdemokratis serta memiliki kode etik yang dihormati segenap anggotanya. Manfaat internet terutama diperoleh melalui kerjasama antar pribadi atau kelompok tanpamengenal batas jarak dan waktu.

Untuk lebih meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia, sudah waktunya para profesional Indonesia memanfaatkan jaringan internet dan menjadi bagian dari masyarakat informasi dunia.

2. Manfaat Internet Bagi Pelajar dan Dunia Pendidikan:
Memperluas Wawasan dan Ilmu pengetahuan: Memperluas Wawasan dan Ilmu Pengetahuan Camsh pajang di urutan pertama karena berdasarkan pengalaman yang Camsh alami adalah ketika kita sedang mencari tugas di internet tanpa kita sadari setiap halaman Webiste yang kita buka pasti kita akan baca walaupun itu bukan tugas yang sobat inginkan, Namun ada juga sebagian siswa yang tergolong orang yang HG alias Harap Gampang pasti tinggal CTRL C trus CTRL V di Word nah ini bukan tujuan sebenarnya dari Internet.

Sebagai sumber tambahan Pelajaran Yang belum di mengerti di Sekolah: Pernah tidak saat kita belajar di sekolah lantas kita tidak mengerti sama sekali dengan apa yang telah di terangkan di sekolah, itu sering sekali terjadi bahkan itu sering menimpa penulis pribadi, oleh karena itu camsh sering mencari informasi bahan pelajaran di Internet agar mengetahui apa sih yang di ajarkan Pak/Bu Guru di Sekolah tadi.

Melatih Siswa Supaya Mengetahui Cara-cara Penggunaan Komputer: Harus buat tugas lewat Internet otomatis harus menggunakan yang namanya Komputer, Camsh punya sebuah pengalaman yang satu ini pernah guru TIK di sekolah ngasih tugas buat email dan kirimkan alamat email di Guru TIK kami, Nah di situ bingung gak tau mau gimana, ya terpaksa harus mengetahui Komputer dan Internet itu sendiri, maklum itu masih SMP kelas 3 jadi agak gaptek.

Sebagai Sarana Komunikasi: Sarana Komunikasi Camsh pasang yang terakhir karena ini hanyalah sarana untuk bertukar Informasi dengan teman di Internet untuk menambah wawasan namun jarang sekali Manfaat Internet Bagi Pelajar maupun mahasiswa untuk menggunakannya seperti itu melainkan sarana untuk chatting chattingan, sungguh sangat di sayangkan.

3. Manfaat Internet Bagi Masyarakat:
Internet sebagai sumber informasi tentang hal apapun tentu akan sangat membantu kehidupan masyarakat. Bagi mereka yang bekerja di bidang pendidikan, bidang literasi, atau bidang kesenian, bisa mencari berbagai informasi dari internet.

Keberadaan internet bisa mempermudah atau mempercepat suatu pekerjaan. Misalnya, ada suatu data dari satu kantor yang harus diserahkan pada kantor lain, penyerahan ini bisa memanfaatkan media surat elektronik (email) yang tentunya menggunakan internet.

Dalam hal pergaulan, internet juga punya peranan yang sangat besar. Banyaknya forum dan jejaring sosial saat ini yang bisa membantu siapa saja untuk menambah pergaulan. Ini juga merupakan salah satu manfaat internet bagi masyarakat. Manfaat jejaring sosial juga tak hanya menambah pergaulan, namun juga mempererat pertemanan dan membuat kita berlatih untuk bersosialisasi lebih baik.

Balakangan ini sering sekali tentang bisnis online. Kita pun bisa menjalankan sebuah bisnis melalui media internet. Kelebihan dari bisnis jenis ini adalah kita tidak perlu repot-repot menyewa lahan/toko untuk berjualan. kita hanya harus menyiapkan barang yang akan dijual, mempromosikannya, lalu tinggal menunggu pembeli menghubungi kita. Media internet adalah salah satu media yang sangat bagus untuk promosi. Manfaat internet yang satu ini tak hanya berlaku bagi pebisnis online saja, namun juga bagi kita yang punya toko offline atau perusahaan tertentu yang ingin dikenal melalui media internet.

Di sinilah letak manfaat jejaring sosial yang ada di internet. kita bisa menggunakan jejaring sosial apapun untuk berpromosi, atau bahkan membuat situs pribadi yang memuat usaha kita. Manfaat internet bagi masyarakat tak cuma terbatas pada para pebisnis, dan juga untuk para konsumen. Bila kita malas keluar rumah untuk belanja barang-barang tertentu, kita bisa mencari barang yang kita inginkan lewat internet. Tinggal pesan, bayar dengan cara yang disepakati, lalu tunggu di rumah. Sangat mudah, bukan?

B. Sejarah perkembangan internet
Sejarah perkembangan internet dimulai dengan persaingan antar Amerika dan Uni Soviet. Amerika, melihat Teknologi yang dimiliki Uni Soviet saat itu membuat Amerika kebakaran jenggot. Pada saat Uni Soviet meluncurkan satelit pertamanya yang bernama Sputnik itu, Amerika langsung membuat proyek riset yang bernama Advance Research Project Agency biasa di singkat ARPA, proyek riset ini di bawah kendali Department of Defense. Ini bertujuan untuk menciptakan teknologi yang mendukung militer Amerika Serikat. Berawal dari sebuah ide brilian salah seorang agen pemerintah yang mengatur proyek tersebut, nah dari situlah awal Sejarah Perkembangan Internet.

1. Sejarah Perkembangan Internet – Akibat Nuklir
Kemudian Sejarah perkembangan internet dilanjutkan pada tahun 1962. Rand Paul Baran dari RAND Corporation salah seorang agen pemerintah diberi tugas dari Angkatan Udara Amerika untuk mempelajari metode pengendalian dan instruksi peluru kendali dan bom. Karena Amerika takut terhadap serangan nuklir yang sewaktu-waktu dilancarkan oleh pihak musuh sehingga berbagai upaya pun ditempuh agar mampu bertahan menghadapi berbagai serangan.

Salah satunya adalah upaya desentralisasi. Tujuannya agar ketika beberapa titik penting diserang, AS masih tetap memiliki kendali terhadap persenjataan nuklir untuk mengadakan serangan balasan. Dalam proposalnya, Baran mengusulkan sebuah ide pengembangan protokol komunikasi agar memudahkan militer melakukan komunikasi atau transfer data. Dengan adanya protokol ini, informasi bisa dengan mudah dikirim atau diterima oleh komputer-komputer yang terhubung dalam jaringan. Ide brilian inilah yang kemudian menjadi halaman awal catatan sejarah perkembangan internet di kemudian hari.

Untuk merealisasikan misi tersebut, pada tahun 1968, ARPA bersama BBN menandatangani kontrak ARPANET. Dalam riset itu, mereka berhasil menghubungkan jaringan di 4 titik lokasi, yaitu Universitas California di Santa Barbara, Universitas Utah, Universitas California di Los Angeles, dan SRI di Stanford. Jaringan tersebut telah terhubung melalui sirkuit 50 Kbps. Kesuksesan inilah yang menjadi tonggak awal sejarah perkembangan internet di Amerika Serikat.

2. SEJARAH PERKEMBANGAN INTERNET – PROGRAM E-MAIL PERTAMA DIBUAT
Sejarah penemuan email beserta segala seluk beluknya bermula pada 1968 di perusahaan Olt Break and Newman. Ya, perusahaan ini adalah sebuah perusahaan yang dikontrak oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat untuk membuat sebuah program bernama ARPANET, sebuah program yang menandai dimulainya sejarah perkembangan internet.

Program ini dibuat dengan tujuan untuk menciptakan sebuah metode komunikasi antara sebuah institusi militer dan pendidikan lainnya. Email pertama di dunia berhasil dikirimkan oleh seorang insinyur bernama Ray Tomlinson pada 1971. Isi pesan email pertama yang dikirimkan Ray, sekaligus yang pertama kali juga di dunia adalah “QWERTYUIOP”, yang merupakan barisan pertama tombol huruf pada keyboard komputer.

Setahun setelah ditemukannya email, Ray mengenalkan icon “@” (baca: at) sebagai identitas email untuk memisah user id dandomain sebuah alamat email. Pada saat bersamaan, nama ARPA berubah menjadi DARPA (Defence Advance Research Project Agency). Sementara itu, ARPANET telah berhasil memanfaatkan Network Control Protocol ((NCP) untuk mentransfer data. NCP juga dapat dimanfaatkan untuk komunikasi antara komputer induk dengan komputer lain yang berada dalam satu jaringan.

Sejarah Perkembangan Internet – Lahirnya TCP/IP
Sejarah perkembangan internet tak lantas berhenti setelah ditemukannya email. Perkembangan internet berlanjut ketika salah satu grup yang dikepalai oleh Vincent Cerf dari Stanford dan Bob Kohn dari DARPA berhasil membangun protokol yang diberi nama TCP/IP. Penemuan protokol TCP/IP dikembangkan pada akhir dekade 1970-an hingga awal 1980-an atau tepatnya pada 1973.

TCP/IP digunakan sebagai sebuah protokol standar untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lain dan jaringan untuk membentuk sebuah jaringan yang lebih luas (WAN). TCP/IP merupakan sebuah standar jaringan terbuka yang bersifat independen terhadap mekanisme transport jaringan fisik yang digunakan, sehingga dapat digunakan di mana saja.

TCP/IP yang merupakan singkatan dari Transmission Control Protocol/Internet Protocol merupakan semacam standarkomunikasi data yang digunakan oleh komunitas internet. Fungsi dari TCP/IP ini sendiri adalah untuk menjalankan proses tukar-menukar data dari satu komputer ke komputer lain yang terhubung dengan jaringan Internet. Data yang terdapat dalam TCP/IP kemudian diimplementasikan dalam bentuk software di sistem operasi yang dikenal dengan istilah TCP/IP stack. TCP/IP merupakan sebuah protokol yang dibangun oleh sejumlah kumpulan protokol (protocol suite). Dengan demikian, protokol ini tidak mungkin berdiri sendiri. Dalam catatan sejarah perkembangan internet, protokol inilah yang paling banyak digunakan oleh internet di seluruh dunia.

Aktivitas yang dilakukan oleh protokol ini berupa skema pengalamatan sederhana untuk tiap-tiap komputer yang terhubung dengan internet. skema pengalamatan inilah yang saat ini kita kenal sebagai IP address. menurut catatan sejarah perkembangan internet, protokol ini selalu berevolusi setiap waktu guna menyesuaikan dengan kebutuhan pengguna internet. Pengembangan atau evolusi protokolini dilakukan oleh beberapa badan, seperti halnya Internet Society (ISOC), Internet Architecture Board (IAB), dan Internet Engineering Task Force (IETF).

3. Sejarah Perkembangan Internet – Ditemukannya Ethernet
Sebuah cerita manis kembali dicatat dalam sejarah perkembangan internet. kali ini tentang keberhasilan Dr. Robert M. Metcalfe berhasil membangun Ethernet pada 1976. Ethernet ini memungkinkan sebuah kabel mengirim data dengan cepat. Ini merupakan komponen penting dalam pembentukan LANs. Lalu, lahirlah SATNET (jaringan yang menghubungkan Amerika dengan Eropa). Saat itu, pengiriman e-mail yang dilakukan Ratu Inggris dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern dapat berjalan sukses.

4.  Sejarah Perkembangan Internet – Terhubungnya Ratusan Komputer
Sejarah perkembangan internet mengalami kejayaannya pada 1977. Kala itu, melalui ARPANET, lebih dari 100 komputer terhubung ke jaringan. Jumlah tersebut terus meningkat hingga mencapai 10 kali lipatnya di tahun 1987. Ketika itu, DNS (Domain Name System) telah dikenal luas. Tujuan diperkenalkannya DNS adalah untuk menyeragamkan alamat padajaringan komputer.

5. Sejarah Perkembangan Internet – ARPANET Pecah Menjadi Jaringan Militer
Sebuah peristiwa yang memilukan tampaknya harus pula tercatat dalam sejarah perkembangan internet. Tepatnya pada saat ARPANET terpecah menjadi jaringan militer. Peristiwa ini terjadi pada 1984. ARPANET terbagi menjadi dua jaringan, yaitu ARPANET dan MILNET. ARPANET lebih difokuskan ke arah pengembangan riset sementara MILNET difokuskan untuk melayani tujuan militer.

6. Sejarah Perkembangan Internet – Ditemukannya IRC
Terpecahnya ARPANET tidak lantas menutup lembar catatan sejarah perkembangan internet. Ini dibuktikan dengan ditemukannyaIRC. Ketika IRC (Internet Relay Chat) ditemukan oleh Jarko Oikarinen (dari Filnandia) di pada 1988, jumlah komputer yang terhubung jaringan melonjak tajam. Bahkan, mencapai hampir 100.000 komputer dan jumlah tersebut terus meningkat dari tahun ke tahun.

7. Sejarah Perkembangan Internet – Lahirnya Browser
Pada 1990, tim Barners Lee berhasil menciptakan program browser yang memungkinkan pengguna komputer menjelajah ke komputer-komputer yang terhubung jaringan. Program ini kemudian dinamakanworld wide web atau lebih dikenal dengan sebutan www. Perkembangan internet menjadi demikian pesatnya pada 1994. Pada saat itu, ribuan alamat e-mail bermunculan di internet. Untuk pertama kalinya pula, ritel dan virtual shopping muncul di internet. Ternyata, bukan saja militer Amerika yang membutuhkanteknologi komunikasi dan transfer data dengan kecepatan tinggi. Dewasa ini, teknologi internet digunakan oleh semua lapisan masyarakat, murid-murid sekolah hingga negarawan.

C. Perangkat Komputer
1. Perangkat keras (hardware)
Untuk menikmati koneksi internet, ada beberapa perangkat yang harus kita miliki dan kita pasang di perangkat komputer kita. Tapi yang paling utama dalam memasang jaringan internet adalah kita sudah punya penyedia layanan internet terlebih dahulu. Jika sudah inilah perangkat yang harus kita miliki untuk menikmati internet.
Perangkat komputer atau PC adalah hal utama yang harus kita miliki. PC sendiri bisa juga digantikan dengan laptop atau netbook. Perangkat inilah yang nanti kita gunakan untuk menjelajah atau berselancar di dunia maya. Oleh karena itu, untuk kenyamanan dalam menjelajah internet, komputer yang kita gunakan harus punya spek yang bagus.

2. Modem
Modem adalah alat yang digunakan mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (carrier) dan siap untuk dikirimkan, dan memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Modem sendiri banyak sekali jenisnya, ada modem internal dan exsternal.

3. Jaringan Telphon Kabel
Jaringan telphon adalah hal penting yang harus kita miliki untuk mendapatkan koneksi internet. Karena ini adalah media yang akan menghubungkan antara perangkat komputer kita dengan jaringan internet di dunia. Tetapi sekarang untuk menikmati internet di rumah bisa juga tanpa menggunakan jaringan telephone.

4. Kartu Jaringan
Kartu jaringan atau LAN Card yaitu perangkat yang harus ada dalam komputer kita. Kartu jaringan dipasang di komputer apabila kita ingin komputer kita terhubung dengan komputer lain dalam sebuah jaringan local (LAN). Kartu jaringan memungkinkan sebuah komputer berkomunikasi dengan komputer yang lain.

5. Switch
Switch adalah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan banyak komputer dalam satu jaringan kabel. Dengan alat ini, jaringan internet dari modem bisa kita sebar atau kita gunakan ke banyak PC atau komputer. Biasanya digunakan di warnet atau instalasi jaringan di perkantoran dengan jumlah PC yang banyak.

6. Bridge
Berige adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan dua buah jaringan secara fisik yang menggunakan protocol sama atau sejenis. Dengan peragkat ini, maka sebuah paket data mampu dikirim dari satu LAN ke LAN lain. Sangat membantu ketika kita memiliki 2 PC.

7. Router
Router merupakan perangkat yang berfungsi hampir sama dengan bridge. Namun perangkat ini punya keunggulan selain untuk menghubungkan dua buah LAN dengan tipe sama, router juga bisa untuk menghubungkjan dua buah LAN dengan tipe berbeda.
Perangkat lunak (software)

8 INTERNET EXPLORER
Internet explorer merupakan browser bawaan dari sistem operasi Windows. Saat ini, Internet explorer sudah mengeluarkan berbagai versi.

9. MOZILLA FIREFOX
Mozilla Firefox (aslinya bernama Phoenix dan kemudian untuk sesaat dikenal sebagai Mozilla Firebird) adalah penjelajah web antarplatform gratis yang dikembangkan oleh Yayasan Mozilla dan ratusan sukarelawan.

10. GOOGLE CHROME
Google Chrome adalah sebuah penjelajah web sumber terbuka yang dikembangkan oleh Google dengan menggunakan mesin rendering WebKit. Proyek sumber terbukanya sendiri dinamakan Chromium. Versi beta untuk Microsoft Windows diluncurkan pada 2 September 2008 dalam 43 bahasa. Google Chrome adalah browser yang dibuat dengan desain praktis agar Anda dapat mengakses Web dengan lebih cepat, mudah, dan aman.

11. SKYPE
Skype adalah sebuah program komunikasi dengan teknologi P2P (peer to peer). Program ini merupakan program bebas (dapat diunduh gratis) dan dibuat dengan tujuan penyediaan sarana komunikasi suara (voice) atau video berkualitas tinggi yang murah berbasiskan internet untuk semua orang di berbagai belahan dunia. Pengguna Skype dapat berbicara dengan pengguna Skype lainnya dengan gratis, menghubungi telepon tradisional dengan biaya (skypeOut), menerima panggilan dari telepon tradisional (SkypeIn), dan menerima pesan suara.

12. YAHOO MESSENGER
Yahoo! Messenger (sering disingkat “Y!M” atau “YM”) merupakan program pengirim pesan instan populer yang disediakan oleh Yahoo!. Yahoo! Messenger tersedia secara gratis dan dapat diunduh serta diakses menggunakan Yahoo! ID yang biasa digunakan untuk mengakses layanan Yahoo! yang lainnya, seperti Yahoo! Mail. Penggunaan ID ini juga mengakibatkan pengguna dapat langsung diberitahu bila mendapat sebuah e-mail.

13. SOFTWARE MAIL
Software Mail merupakan suatu software/ perangkat lunak yang digunakan untuk melakukan proses berkirim surat elektronik/ elektronik mail (e-mail), antara lain Outlook Express/ Internet Mail dan Netscape Mail.

14. Mesin pencari (search)
Anda bisa saja memegang atau menghafal alamat-alamat situs Web menarik yang ingin anda kunjungi, tetapi ketika anda ingin mencari suatu artikel, dukumen atau file dengan topik khusus, atau mencari alamat teman anda di internet yang memiliki lebih dari 40 ribu halaman web, anda pasti membutuhkan bantuan. Apalagi jika anda tidak memiliki gambaran sama sekali tentang Web yang hendak anda kunjungi untuk mencari artikel tersebut.

Contoh, ketika anda ingin mencari artikel yang memuat berita tentang printer, anda mungkin bisa mencari ke situs majalah-majalah komputer. Akan tetapi karena banyaknya majalah dan halaman, anda akan dibuat prustasi jika harus menengoknya satu per satu. Maka anda memerlukan sebuah mesin pencari untuk menemukan artikel, file atau database apapun yang anda inginkan dengan lebih cepat.

Untunglah banyak dikembangkan peranti lunak atau mesin-mesin pembantu untuk mencari dan menelusuri halaman Web ini dengan lebih cepat. Beberapa diantaranya adalah :
  1. Google (www.google.com)
  2. Altavista (www.altavista.digital.com)
  3. Deja News (www.dejanews.com)
  4. Excite (www.excite.com)
  5. HotBot (www.hotwired.com)
  6. Infoseek (www.infooseek.com)
  7. Lycos (www.lycos.com)
  8. Magellan ( http://www.mckinley.com)
  9. WebCrawler (www.webcrawler.com)
  10. Yahoo (www.yahoo.com)
Selain membantu menemukan informasi yang anda butuhkan tentang perusahaan, produk, kompentitor, dan data dari macam-macam database online, mesin pencari tersebut juga membantu anda mendaftarkan situs web anda sehingga pemakai internet dapat menemukan bisnis Anda

Masing-masing mesin pencari menawarkan teknologi dan keistimewaannya sendiri. Namun pada dasarnya fungsi mereka sama : secara sistematik mencari serta menganalisis semua halaman web yang ada, kemungkinan mengembangkan sebuah index kata bersama dengan daftar URL halaman, tempat kata-kata indeks tersebut dapat anda temukan.

Untuk memulai pencarian, kunjungilah salah satu situs pencari web. Anda kemudian akan disodori lembar input untuk mengetikkan kata-kata kunci dari informasi yang ingin anda cari. Kadang-kadang anda akan mendapatkan daftar panjang dari situs web yang memuat informasi yang nada cari. Nah, disinilah masing-masing mesin pencari menunjukkan keunikan dalam membantu anda untuk memilah. Beberapa cara yang ditawarkan antara lain menyertakan judul, baris pertama, memberikan artikel yang ter-Update atau menyertakan filter. Berikut adalah tip untuk beberapa mesin pencari.
Menjelajahi internet

Penjelajah web (bahasa Inggris: web browser), disebut juga sebagai perambah, adalah perangkat lunak yang berfungsi menampilkan dan melakukan interaksi dengan dokumen-dokumen yang disediakan oleh server web. Penjelajah web yang populer adalah Microsoft Internet Explorer dan Mozilla Firefox. Penjelajah web adalah jenis agen pengguna yang paling sering digunakan. Web sendiri adalah Kumpulan jaringan berisi dokumen dan tersambung satu dengan yang lain, yang dikenal sebagai World Wide Web.Domain Name System

Tentunya juga harus ada sebuah metode yang memungkinkan pengiriman kepada masing-masing komputer di INTERNET. Pada awalnya disusun sebuah daftar yang memuat nama semua jaringan yang tergabung dalam INTERNET. Dengan tingkat pertumbuhan INTERNET yang sangat tinggi tidak mungkin lagi menjaga daftar-daftar tetap aktual. Karena Internet menggunakan sebuah sistem alamat yang dapat diolah oleh komputer khusus (disebut Router), yang terdapat antara masing-masing jaringan.

15. Alamat IP
Sebuah alamat IP terdiri atas sebuah angka biner 32-bit, yang menggambarkan lokasi jaringan hingga komputer dalam jaringan tersebut yang harus dicapai. Dari sanalah Router memilih jalur yang paling menguntungkan. Artinya, Internet menentukan sendiri jalan “melalui” banyak jaringan yang tergabung antara dua tempat, sehingga hampir tak mungkin merusak media komunikasi ini. Bila misalnya sebuah kabel penghubung rusak oleh pekerjaan galian tanah, INTERNET mengalihkan pengiriman paket ke jalur lain. Hal ini disebut Dynamic Rerouting.

16. Alamat DNS
Karena angka biner tidak mudah diingat, maka dikembangkan sistem Domain Name System (DNS). Disini alamat disusun dalam sebuah hierarki berbagai wilayah (domain = wilayah), yang mewakili sebuah kelompok host
tertentu. Host adalah komputer dalam jaringan lokal (LAN) atau Wide Area Network (WAN), yang diakses oleh komputer lain dalam jaringan tersebut.

Agar penyampaian otomatis oleh Router tetap berfungsi, angka biner tetap digunakan. Bila Anda memberikan sebuah alamat DNS, pertama-tama data dikirimkan ke sebuah Server dan diubah menjadi alamat Ip yang dapat dibaca oleh Komputer.

Contoh berikut ini akan menjelaskan sistem alamat DNS. Seperti pada alamat IP, alamat tersebut juga mengandung informasi yang dibutuhkan untuk identifikasi komputer yang diingikan. Setiap bagian alamat DNS harus dipisahkan dengan sebuah titik.

17. Gopher.bppt.id
Gopher adalah nama sebuah komputer dalam jaringan “bppt”
dalam domain “id”, yang berarti Indonesia. Seperti Anda lihat pada contoh di atas, mula-mula ditulis nama host yang diinginkan, disusul oleh bagian-bagian yang semakin besar hingga tingkat tertinggi, yaitu domain.

Untuk mencapai komputer tersebut, alamat dibaca dari kanan ke kiri. Mula-mula jaringan tempat Anda mengakses INTERNET menciptakan hubungan dengan Router tertinggi yang mengelola semua alamat dalam domain “id”. Domain diatas mewakili sebuah wilayah geografis, singkatan “id” berarti Indonesia. Selain itu terdapat pula berbagai domain tematik, yang dikenali pada singakatan paling kanan dalam alamat DNS.

Singkatan
Jenis Domain
Com : perusahaan komersial
Edu : badan pendidikan (misalnya universitas atau institut)
Gov : lembaga pemerintahan non-militer
Mil : militer
Net : jaringan
Org : organisasi lainnya
int : organisasi internasional
ac : badan pendidikan

Domain geografis :
At : Austria
Pl : Polandia
De : Jerman
Au : Australia
Pt : Portugal
Be : Belgia
Ch : Swiss
Se : Swedia
Bg : Bulgaria
Dk : Denmark
Uk : Inggris
Br : Brazil
Ee : Eslandia
Us : Amerika
fi : Finlandia
es : Spanyol
cl : Cile
fr : Prancis
in : India
ir : Irlandia
jp : Jepang

D. Pelayanan Utama dalam INTERNET

Software yang mendukung Internet menyediakan banyak pelayanan teknis. Bagian ini akan membahas empat pelayanan INTERNET yang paling penting dan mendasar.

Pelayanan Mail
Pelayanan untuk mengirim dan menerima pesan-pesan. Setiap pesan yang dikirim dari satu sistem ke sistem-sistem yang lain menuju tujuan akhir. Di belakang layar, pelayanan mail memastikan bahwa pesan-pesan yang dikirim dan diterima secara lengkap pada alamat yang benar.

Pelayanan telnet
Pelayanan yang memberikan kesempatan Anda menghubungi sistem remote atau sistem yang terletak di tempat yang jauh. Sebagai contoh, Anda dapat menggunakan telnet untuk menghubungi sebuah host/provider di negara lain. Setelah Anda menghubungi host tersebut, Anda dapat login ke host tersebut (username dan password yang sah). Setelah itu Anda dapat bertukar data melalui INTERNET.

Pelayanan File Transfer Protocol (FTP)
Pelayanan transfer file dari satu sistem ke sistem lain. Dalam INTERNET, Anda dapat mentransfer file dari host ke sebuah host remote. Proses ini disebut uploading, dan sebaliknya jika Anda mentransfer file dari host remote ke host lokal disebut downloading.

Pelayanan Client/Server
Program Client meminta dukungan program server. Sebagai contoh, Gopher client menampilkan menu, setelah Anda memilih perintah-perintah dalam menu, Gopher client menghubungi Gopher server yang sesuai (tidak perduli dimana lokasinya dalam INTERNET) dan mengeksekusi permintaan Anda.

E. Jenis-jenis Layanan INTERNET
1. Electronic Mail (E-mail)
Fungsi : mengirim atau menerima surat ke/dari seluruh penjuru dunia. Sebagai pemakai INTERNET, Anda dapat mengirim dan menerima pesan dari pemakai INTERNET lain dari berbagai penjuru dunia. Namum selain pesan-pesan pribadi, dengan E-mail dapat juga mengirim dan menerima file binary. Maka secara virtual Anda dapat mengirim dan menerima segala tipe data. Sistem mail INTERNET adalah tulang punggung (dan motivasi awal) dari INTERNET itu sendiri.

Untuk dapat menerima surat elektronik, Anda harus memiliki kotak pos (mailbox) untuk menampung surat-surat yang masuk sebelum Anda sempat menbacanya. Sebuah kotak pos elektronik (electronic mailbox) sama dengan kotak pos dikantor pos. Siapapun bisa mengirim surat ke kotak pos, tetapi hanya pemiliknya yang bisa meneliti dan membuang isi kotak surat tersebut.

Alamat kotak pos untuk surat elektronik disebut E-mail address. Sebagai contoh :
budi @indo.net.id
budi : nama user
indo : nama provider
net : network/provider
id : nama domain geografis, yaitu Indonesia

Surat menyurat di INTERNET dilakukan dengan menggunakan program surat elektronik. Cara penggunaannya sangat mudah bila program dijalankan dibawah user interface grafis seperti Windows. Saat pengiriman hanya perlu diisikan alamat penerima dan subjek (topik) surat, kemudian isi surat langsung dapat diketik untuk dikirim. Jika perlu Anda dapat menyertakan file tertentu untuk dikirim bersama-sama dengan surat tersebut (Attachments). 

Program surat elektronik yang popular digunakan adalah Eudora Mail. Eudora Mail menggunakan protokol yang disebut POP (Post Office Protocol) dan dibuat oleh Qualcomm Inc.

2. File Tranfer Protocol (FTP)
Fungsi :mengirim dan menerima file antar host dari seluruh penjuru dunia.
Anonymous FTP memungkinkan pengaksesan ke server FTP dengan login anonymous tanpa memerlukan password. Anonymous FTP adalah salah satu dari pelayanan dalam Internet yang cukup penting. Dengan akses ke berbagai anonymous FTP, Anda dapat memperoleh file-file secara grafis. Anda dapat menemukan program-program, gambar-gambar, majalah elektronik, artikel-artikel dalam kelompok diskusi tertentu. Salah satu program FTP adalah WS_FTP.

3. Tele Networking (TelNet)
Fungsi : mengakses komputer (host/server) dari jauh/Remote login.
Telnet adalah program yang memungkinkan komputer kita menjadi terminal dari komputer lain di INTERNET. Telnet memungkinkan kita untuk masuk (log in) sebagai pemakai komputer jarak jauh dan menjalankan program komputer layanan yang ada dikomputer tersebut. 

4. User’s Network (UseNet)
UseNet adalah sistem kelompok diskusi di mana artikel-artikel didistribusikan ke seluruh dunia. UseNet memiliki ribuan kelompok diskusi, sehingga tidak heran jika UseNet meliputi segala macam topik yang mungkin Anda inginkan.

5. World Wide Web (WWW)
Sering disebut “the WEB”/”W3”, merupakan sistem dalam internet yang memiliki fasilitas pencarian dan pemberian informasi yang cepat dengan menggunakan teknologi hypertext. 

Sebutan World Wide Web (Web=jaring laba-laba) sangat tepat untuk menggambarkan struktur data pada jaringan INTERNET. Berbeda dengan misalnya susunan data logis berstruktur pohon yang dikenal dari DOS. WWW memungkinkan penanganan atau akses yang jauh lebih fleksibel pada file yang dikelola.

Di WWW, struktur sumber daya-INTERNET dapat dibandingkan dengan jaring laba-laba. Bila dilihat polanya, jaringan ini terdiri atas lingkaran-lingkaran berbagai ukuran yang berpusat pada titik tengah yang sama. Dari titik tengah ini terbentuk garis-garis penghubung yang tegak lurus pada lingkaran, sehingga terdapat titik simpul. Bila pada struktur pohon percabangan merupakan jalur hubungan, pada Web semua garis merupakan penghubung setiap titik simpul yang mengandung data. Pemilihan disini dilakukan dengan item Hypertext. Pada titik simpul bisa terdapat sebuah komputer di Internet atau sebuah petunjuk untuk file tertentu pada sebuah komputer. Hal ini berarti, dengan memilih sebuah item Hypertext diciptakan hubungan dengan sebuah komputer pada suatu tempat di dunia, dimana Anda dapat melanjutkan perjalanan atau langsung ke sebuah file tertentu.

6. “Bahasa” World Wide Web:HTML
Untuk membuat Hypertext, dikembangkan sebuah bahasa pemrograman khusus yang memungkinkan pengikatan alamat WWW atau file dalam sebuah dokumen. Sesuai dengan fungsinya, bahasa pemrograman ini disebut Hypertext Mark up Language (HTML). File ini biasanya berextention *.html. Agar file yang berisi Hypertext ini bisa dikirimkan, diperlukan protokol pengiriman data yang spesifik yang disebut HyperText Transfer Protocol (HTTP).

Untuk menemukan setiap hubungan Hypertext digunakan Uniform Resource Locator (URL). Karena itu, halaman WWW juga disebut dokumen URL.

Beberapa alamat browser/search engine di INTERNET :

Nama
Alamat elektronik
Yahoo!
Alta Vista
Lycos
WebCrawler
Inktomi
DejaNews
BimaSakti

7. Internet Relay Chat (IRC)
Internet Relay Chat/IRC merupakan fasilitas untuk komunikasi langsung dengan menggunakan keyboard. Anda dapat ambil bagian dalam komunikasi publik dengan sekelompok orang. Atau, jika Anda inginkan, Anda dapat menggunakan IRC untuk mengatur komunikasi pribadi dengan orang-orang tertentu, yaitu sejenis teleconference.

8. Internet Phone/Conference
Fasilitas untuk melakukan percakapan jarak jauh via INTERNET. Untuk itu diperlukan aplikasi khusus dan dukungan hardware multi media.

9. WAIS Server
WAIS (Wide Area Information Service) menyediakan cara lain untuk menemukan informasi yang tersebar dalam INTERNET. WAIS mampu mengakses segala database yang besar (seperti dokumen, file berisi gambar, video dan suara).

10. Gopher
Internet menyediakan banyak informasi yang dapat diakses penggunanya lewat sistem menu. Seorang pengguna INTERNET dihadapkan pada sebuah menu yang bercabang-cabang. Untuk menuju ke informasi atau data yang dituju, seorang pengguna menyeleksi pilihan-pilihan yang disediakan hingga masuk ke topik yang diinginkan. Fasilitas demikian disebut Gopher.

11. Mailing List
Kelompok diskusi – fasilitas ini dibangun menggunakan teknik yang sama dengan proses penyebaran surat elektronik. Dengan menggunakan fasilitas ini, sebuah berita/file dapat didistribusikan ke banyak pengguna sekaligus. Bahkan penggunanya dapat melakukan diskusi, seminar, ceramah, konferensi secara elektronik tanpa terikat dimensi ruang dan waktu. Diskusi dapat berlangsung setiap hari tanpa henti. Hasil yang diperoleh akan jauh lebih efektif daripada penyelenggaraan seminar/konferensi konvesional.

BAB III
PENUTUP

A. KESIMPULAN
Akhirnya penulis dapat menyimpulkan bahwa internet adalah suatu perangkat komputer yang terdiri dari beberapa komputer yang sudah bisa saling mengakses data, dan saling bertukar informasi antar negara. Sehingga internet cakupannya lebih luas. Sehingga Internet dapat diartikan sebagai jaringankomputer luas dan besar yang mendunia, yaitu menghubungkan pemakaikomputer dari suatu negara ke negara lain di seluruh dunia, dimana di dalamnyaterdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga yangdinamis dan interaktif.Internet merupakan suatu perpustakaan besar yang didalamnya terdapat jutaan behkan miliaran informasi yang berupa teks dalam bentuk mediaelektronik selain itu internet dikenal sebagai dunia maya, karena hampir seluruhaspek kehidupan di dunia nyata ada di internet seperti olah raga, politik, hiburandan lain sebagainya, selain itu juga internet mempunyai peranan yang sangat penting dalam dunia pendidikan karena dengan adanya internet bisa menambahilmu pengetahuan kita dan dapat menambah motivasi belajar siswa.

B. SARAN
Sebaiknya internet digunakan dalam hal-hal yang positif bukan hal-hal yang negatif. Khususnya dibidang pendidikan agar internet lebih digunakan dalam menunjang pembelajaran karena dengan mengakses internet banyak materi pembelajaran yang bisa kita dapatkan.

Facebook Comment