Makalah : Analisis Penggunaan Kata Baku dan Tidak Baku

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Keragaman yang dimiliki bangsa Indonesia merupakan anugerah Tuhan Yang Maha Esa.Negara Indonesia adalah Negara yang terbentang dari Sabang sampai Marauke. Terdiri dari beribu pulau,beraneka ragam suku adat dan budaya yang menjadi satu bagian yaitu Negara Indonesia. Setiap suku di Negara Indonesia memiliki kebudayaaan yang beragam,dimana setiap suku mempunyai adat istiadat berbeda-beda pula termasuk cara bertutur kata (berbahasa).

Karena sangat banyaknya bahasa yang lahir di Indonesia,maka dengan latar belakang keragaman itulah pada tanggal 28 Oktober 1928,masyarakat Indonesia menyatukan kebhinekaan dan menyamakan tekad kebahasaan nasional. Termasuk dalam salah satu bulir Sumpah Pemuda yang berbunyi : “Kami Putra dan Putri Indonesia menjunjung Bahasa Persatuan,Bahasa Indonesia” dan pada Kitab UUD pasal 36 berbunyi : “Bahasa Negara adalah Bahasa Indonesia”

Dari kedua pernyataan besar itu secara lebih luas dapat di artikan bahwa penggunaan Bahasa Indonesia menjdai kewajiban untuk setiap kepentingan kenegaraan dan urusan tata pemerintahan. Konsekuensinya,usaha pelestarian,pebinaan dan pengembangan bahasa Indonesia menjadi tanggung jawab setiap Warga Negara.

Bahasa Indonesia adalah bahasa resmi Republik Indonesia,bahasa persatuan Indonesia. Bahasa Indonesia diresmikan penggunaan nya setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia tepatnya sehari sesudahnya,bersamaan dengan mulai berlaku nya konstitusi. Di Timor Leste,bahasa Indonesia berstatus sebagai bahasa kerja.

Belajar Bahasa Indonesia bukanlah hal yang mudah,pelajar Perguruan Tinggi saja belum tentu bisa mengekspresikan materi ini dengan baik dan benar karena kesadaran untuk menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar masih kurang karena Bahasa Indonesia belum mendapat tempat selayaknya. Tidak perlu kita mencermati kalangan awam yang lebih suka dengan bahasa gaul atau bahasa suku. Penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar masih jarang kita temukan pada saat acara resmi bahkan acara resmi yang berskala nasional sekalipun. Lihat saja bagaimana Pak SBY masih suka berpidato dengan bahasa ke inggris-inggrisan,contoh yang perlu ditiru ?

Analisis Penggunaan Kata Baku dan Tidak Baku

Kejadian parah juga terjadi disekolah. Guru-guru disekolah diperkotaan masih banyak menggunakan bahasa gaul atau bahasa tidak baku ketika mengajar disekolah. Guru-guru disekolah dipedesaan masih banyak menggunakan bahasa suku. Susah memperoleh guru yang mau mengajar bahasa Indonesia bahkan ada yang mengatakan bahwa bahasa inggris dan bahasa Arab penting dan lebih menjanjikan sehingga bahasa Indonesia kita terkesan diremehkan.

Kita tentu tidak mau,anak cucu kita lebih akrab dengan bahasa gaul yang sering digunakan gurunya ketika mengajar daripada bahasa Indonesia atau lebih menyedihkan lagi ketika bahasa Inggris sudah merusak bahasa ibu seperti yang terjadi di Malaysia,bahasa Ibrani yang merusak bahasa Arab seperti yang terjadi di Palestina. Bahasa tidak dapat dipelajari dalam waktu singkat. Pemahamannya harus dilakukan melalui proses panjang yang dinamakan dengan pembiasaan,oleh karena itu pelajaran bahasa Indonesia tetap menjadi pelajaran wajib dari Sekolah Dasar hingga Perguruan Tinggi. Karena tidak terbiasa dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar,banyak orang yang harus mempelajari sesaat sebelum menulis karya tulis. Ya,mungkin inilah satu-satunya penggunaan bahasa Indonesia yang masih dipertahankan.

Semoga kita bisa mewariskan bahasa Indonesia yang baik dan benar untuk anak cucu kita. Cintai bahasa kita,Bahasa Indonesia.


1.2 Rumusan Masalah

Adapun rumusan masalah penelitian iniadalah :
1. Apa pengertian ragam bahasa ?
2. Apa yang dimaksud dengan bahasa baku dan bahasa tidak baku ?
3. Bagaimana contoh penggunaan bahasa tidak baku di SMA Agape Tanjung Selor ?
4. Apa saja faktor penyebab munculnya bahasa tidak baku di SMA Agape Tanjung Selor ?

1.3 Tujuan Penelitian
Tujuan penulisan Karya Tulis Ilmiah ini adalah :
1. Agar pembaca memahami apa pengertian ragam bahasa.
2. Agar penbaca memahami apa definisi dari bahasa baku dan bahasa tidak baku.
3. Agar pembaca mengetahui contoh penggunaan bahasa tidak baku di SMA Agape Tanjung Selor
4. Agar pembaca mengetahui faktor yang menyebabkan munculnya bahasa tidak baku di SMA Agape Tanjung Selor.

BAB II
LANDASAN TEORITIS

2.1 Fungsi dan Ragam Bahasa
Tito : hey coy,dingin-dingin gini enaknya makan jagung bakar ya ?
Rangga : yuup,betul. Tapi sapa yang mau beliin kalo ujan-ujanan gini ?
Tito : beneran juga ya…
Rangga : ya udah tunggu aja sampe ujan nya brenti.
Tito : udah agak brenti nih,ntar gue pergi.
Rangga : OK,ttdj ya.

Dari percakapan antara Tito dan Rangga terdapat kosakata :coy,gini, yuup, sapa, beliin, kalo, ujan, beneran, udah, aja, sampe, brenti, nih, ntar, gue dan ttdj.Meskipun tidak terdapat dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) karena tidak memenuhi syarat EYD,kosakata-kosakata tersebut juga termasuk dalam ragam bahasa.

a.  Definisi,peran dan fungsi bahasa

Hampir semua aspek kehidupan manusia tidak lepas dari penggunaan bahasa.Bahasa sebagai bagian hidup yang bersifat universal/umum memiliki peran penting dan manjadi jati diri suatu bangsa.Peran penting bahasa tersebut tidak mungkin terlepas dari kehidupan manusia.

Menurut Kridalaksana dalam Kamus Linguistik,Bahasa adalah “sistem lambang bunyi yang bersifat arbiter yang digunakan oleh para anggota masyarakat umtuk bekerja sama,berinteraksi dan mengidentifikasi diri” sementara itu menurut Moeliono dalam KBBI,bahasa di identifikasikan sebagai “sistem lambang bunyi yang sewenang-wenang,konvensional dan dipakai sebagai alat komunikasi untuk melahirkan perasaan dan pikiran”.

Peran bahasa penting dalam kehidupan manusia tidak terlepas dari berbagai fungsi yang disandang.Begitu besar peran bahasa dalam kehidupan manusia. Bahasa merupakan salah satu alat untuk mengadakan interaksi terhadap manusia lain. Jadi bahasa tersebut tidak dapat dipisahkan dari manusia. Dengan adanya bahasa kita dapat berhubungan dengan masyarakat lain yang akhirnya melahirkan komunikasi dalam masyarakat. Fungsi bahasa yang paling mendasar sebagai alat komunikasi,yaitu alat pergaulan dan perhubungan manusia.

b. Pengertian ragam bahasa
Variasi bahasa yang digunakan manusia bermacam-macam jenisnya.Variasi bahasa asing sering di sebut ragam bahasa. Variasi tersebut bisa muncul dari bahasa daerah,bahasa luar negeri maupun bahasa gaul dan di kombinasikan dalam bahasa baku Indonesia yang membentuk dalam sebuah dialog. Ilmu yang mempelajari ragam bahasa dan penggunaan bahasa dalam masyarakat disebut Sosiolinguistik.Bahasa yang digunakan oleh masyarakat sehingga komunikasi lancar merupakan kajian Sosiolinguistik.

2.2 Pengertian Bahasa Baku dan Tidak baku
Bahasa baku adalah bahasa/kata yang digunakan sesuai dengan bahasa Indonesia yang telah ditentukan dalam kalimat resmi baik lisan maupun tulisan tertulis dengan pengungkapan gagasan secara tepat. Tulisan baku adalah EYD mulai digunakan pada tanggal 17 Agustus 1972.

Dengan demikian fungsi bahasa baku adalah :
• Fungsi pemersatu
• Fungsi pemberi kekhasan
• Fungsi kewibawaan
• Fungsi sebagai kerangka acuan.
Dalam kenyataannya bahasa baku tidak dapat digunakan dalam segala situasi. Dengan demikian,bahasa baku dapat digunakan dalam :
· Komunikasi resmi
· Wacana resmi
· Pembicaraan didepan umum
· Pembicaraan dengan orang yang dihormati.
Bahasa tidak baku adalah bahasa/kata yang digunakan tidak sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia yang ditentukan dalam bahasa percakapan sehari-hari,bahasa tutur.
Perhatikan beberapa contoh perbandingan bahasa baku dan tidak baku baik berupa pengucapan maupun penulisan berikut.
No
Baku
Tidak baku
1
Asyik
Asik
2
Izin
Ijin
3
Analisis
Analisa
4
Diagnosa
Diagnosis
5
Sistem
Sistim
6
Populer
Popular
7
Korupsi
Koropsi
8
Republik
Refublik
9
Zaman
Jaman
10
Objek
Obyek

BAB III
METODE PENELITIAN

Penelitian ini menggunkan penelitian kualitati deskriptif, yaitu mendeskripsikan pelafalan kata baku dan kata tidak baku dalam pementasan drama. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan mengamati ujaran dan merekam ujaran-ujaran tersebut. Analisis data menggunakan tekhnik analisis isi dengan 3 anggulasi data menurut miles dan huberman, yaitu reduksi penyajian data dan verifikasi


BAB IV
HASIL dan PEMBAHASAN

Dalam proses belajar mengajar teori yang di sampaikan dosen mata kuliah kebanyakan beberapa dosen menggunakan bahasa yang tidak baku.penelitian yang saya lakukan kepada beberapa dosen dapat saya kutip dosen kebanyakan menggunakan kata tidak baku, karena jika para dosen terus menerus menggunakan bahasa baku, tentunya para mahasiswa merasa kaku dan kurang nyaman dalam proses perkuliahan. Pelajaran yang di terima oleh siswa kurang di mengerti. Para dosen pun paham untuk membuat siswa nya mengerti, seperti dosen yang humoris untuk membuat siswa nya tidak terlalu tegang. di dalam kata - kata humor tersebut pastinya dosen menggunakan kata-kata tidak baku kebanyakannya. Jika di cakup dalam persen maka 70% untuk kata tidak baku ada 30% untuk kata baku. Jadi dari penelitian saya dapat di simpulkan kata tidak baku lebih banyak di gunakan dibandingkan kata baku. Tapi bukan berarti kata baku mulai pudar di gunakan di dalam pendidikan.


KESIMPULAN

Berdasarkan hasil penelitian dan analisis penggunaan bahasa tidak baku pada mahasiswa Universitas Medan Area maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut :

Bahwa seiring berkembangnya zaman,mahasiswa Universitas Medan Area semakin menggunakan bahasa tidak baku dalam pergaulannya sehari-hari baik kepada sesama mahasiawa maupun pengajar,hal itu disebabkan oleh faktor-faktor ; pengaruh unsur bahasa daerah,munculnya “BAHASA GAUL”,kecanggihan alat informasi dan komunikasi serta trend penggunaan bahasa di internet.Tetapi bukan berarti kata baku mulai pudar digunakan di kalangan mahasiswa dan masyarakat


DAFTAR PUSTAKA

Darmawati,Uti.2009.Ragam Bahasa Indonesia.Intan Pariwara : Jakarta
Ceritalucu-ceritagokil.blogspot.com/2012/08/asal-usul-dan-arti-bahasa-gaul-dan-alay.html?m=1
http//:id.shvoong.com/social-sciences/education/2037534-trend-penggunaan-bahasa-indonesia-di-internet
m.kompasiana.com/post/edukasi/2012/09/23/bahasa-indonesiaku-yang-diremehkan2.bp.blogspot.com/-
Donnadorothyviviana.blogspot.com/2012/11/makalah-bahasa-baku-tidak-baku.html?m=1

Dibuat Oleh Oleh : macro.com (Jl. Pancing / Jl. Perjuangan Rental Komputer Macro.com)

Facebook Comment