Kesimpulan dan Saran

BAB IV

PENUTUP


4.1 Kesimpulan


Dari hasil penelitian yang penulis lakukan pada Store Aroma Bakery & Cake Shop Denai dapat diambil kesimpulan bahwa:
a.              Dari hasil analisis tentang kondisi store, secara umum dapat dikatakan bahwa kondisi store di Aroma Bakery & Cake Shop Denai belum sesuai dengan standard store. Di mana tidak menggunakan ruangan yang memiliki temperatur sekitar 15º-20ºC dan tidak memiliki ventilasi yang baik, yang merupakan standar store yang sangat berpengaruh terhadap bahan-bahan groceries yang seharusnya dapat bertahan lama.
b.             Dari hasil analisis tentang penyusunan groceries, secara umum dapat dikatakan bahwa penyusunan Groceries tidak sesuai dengan standar penyusunan bahan-bahan groceries. Di mana penyusunannya berdasarkan abjad dari bahan-bahan groceries. Serta perlunya memperhatikan bahan-bahan yang disimpan yang seharusnya disimpan di store atau tidak, seperti telur yang disimpan di store perlunya perhatian dalam penyusunannya yang bersih dah sejuk. Tidak perlu stock telur yang berlebihan di suhu ruangan karena dapat mengakibatkan telur lebih cepat busuk.
c.              Dari hasil analisis terhadap pelaksanaan sistem FIFO di Aroma Bakery & Cake Shop Denai, secara umum dapat dikatakan bahwa sistem FIFO tidak berjalan sesuai dengan fungsinya disebabkan kurangnya pengawasan      store keeper terhadap pengambilan barang. Sehingga mengakibatkan barang yang pertama masuk tidak terpakai dan menyebabkan bahan-bahan tersebut tersimpan lama di dalam store.

4.2                   Saran
Berdasarkan kesimpulan di atas, maka penulis memberikan saran sebagai masukan yang kiranya dapat bermanfaat bagi store Aroma Bakery & Cake Shop Denai dan juga para juru masak mengenai groceries. Adapun saran yang dapat penulis sampaikan adalah sebagai berikut:
a.          Diharapkan kepada juru masak Aroma Bakery & Cake Shop Denai untuk menggunakan standard store yang telah ditetapkan, agar bahan-bahan groceries dapat bertahan lama dalam penyimpanan dan memperhatikan kondisi lantai, cukup penerangan dan kondisi suhu ruangan yang perlunya ventilasi sebagai pertukaran udara agar meningkatkan kerapian dan kebersihan store.
b.      Diharapkan kepada juru masak  dan store keeper Aroma Bakery & Cake Shop Denai untuk lebih memperhatikan penyusunan bahan-bahan grocceries dan mengikuti prosedur penyusunan groceries yang berdasarkan abjad. tidak menyimpan stock telur yang berlebihan ataupun bahan lain yang jangka waktunya lebih cepat rusak  di suhu ruangan, karena dapat mengakibatkan pembusukan dan tidak segar lagi. Dengan tidak menyimpan stock bahan-bahan yang jangka waktunya singkat maka bahan-bahan yang ada di store   tetap terjaga kualitasnya.
c.   Diharapkan kepada juru masak dan store keeper Aroma Bakery & Cake Shop Denai untuk meningkatkan perhatian dan pengawasannya terhadap bahan-bahan yang diambil, terutama harus menggunakan sistem FIFO agar bahan tetap terjamin mutu dan kualitasnya, serta perlunya pelatihan (pengetahuan) kepada juru masak dan store keeper tentang FIFO agar dapat diterapkan di Aroma Bakery & Cake Shop Denai, sehingga tidak terjadi penumpukan bahan dan  pengambilan bahan-bahan groceries sesuai FIFO. Dengan menerapkan sistem FIFO maka bahan-bahan grocceries tidak cepat rusak atau membusuk.

DAFTAR PUSTAKA

Facebook Comment