Abstrak Jurusan Manajemen Perhotelan


ABSTRAK

Anggi Ananda Sari Harahap. Tinjauan Tentang Groceries pada Aroma Bakery & Cake Shop Denai. Tugas Akhir, Program Studi Manajemen Patiseri, Akademi Pariwisata Medan 2015.
Store adalah bagian yang bertugas menyimpan barang yang sudah diterima dengan ruang penyimpanan khusus yang dilengkapi prosedur penyimpanan yang tepat untuk setiap barang. Store memiliki wewenang untuk mengeluarkan barang atau issuing, berdasar permintaan dari dapur dalam jumlah tertentu dengan terlebih dahulu memulai prosedur permintaan.
Karya ilmiah ini membahas tentang (1) Bagaimana kondisi store pada Aroma Bakery & Cake Shop Denai, (2) Bagaimana penyusunan groceries pada Aroma Bakery & Cake Shop Denai, (3) Bagaimana pelaksanaan FIFO pada Aroma Bakery & Cake Shop Denai.
Karya ilmiah ini dilaksanakan dengan menggunakan metode deskriptif yaitu suatu metode penelitian yang bertujuan untuk mencari pemecahan masalah yang ada dengan cara mengumpulkan data-data yang mendukung kemudian menganalisis dan menyimpulkan. Subjek penelitian ini adalah para juru masak, berjumlah 5 orang. Dalam pengumpulan data dilakukan dengan cara pengamatan dan menyebarkan kuisioner lansung kepada juru masak pada dapur Aroma Bakery & Cake Shop Denai tersebut. Data dikumpulkan kembali kemudian dianalisis.
Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis data ditemukan bahwa (1) Kondisi Store yang tidak sesuai dengan standar gudang. (2) Penyusunan Groceries tidak berdasarkan syarat-syarat penyusunan yang disesuaikan dengan abjad. (3) Pelaksanaan sistem FIFO yang tidak berjalan sesuai standar dikarenakan kurangnya pemahaman mengenai sistem pelaksanaan FIFO.
Berdasarkan kesimpulan penulis memberikan saran yang kiranya dapat bermanfaat bagi juru masak, store keeper dan store Aroma Bakery & Cake Shop Denai. Diharapkan kepada juru masak dan store keeper untuk memperhatikan kondisi store yang bersih, sejuk dan rapi dalam penyusunan bahan-bahan groceries. Serta perlunya pelatihan kepada juru masak dan store keeper tentang groceries dan sistem FIFO agar dapat diterapkan di store Aroma Bakery & Cake Shop Denai sehingga tidak terjadi penumpukan bahan yang berlebihan.
Kata kunci : Kondisi Store, Penyusunan Groceries, FIFO



Facebook Comment